Dampak Model Pembelajaran Examples-Non-Examples Berbasis Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Penulis

  • I Gede Made Yoga Dwi Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • DB. Kt. Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44506

Kata Kunci:

Model Examples Non-Examples, Kompetensi Pengetahuan IPA, Berbasis Lingkungan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Examples Non-Examples (ENE) berbasis lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu dan menggunakan rancangan non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh   kelas V yang terdiri dari 13 kelas. Sampel kelompok penelitian diambil dengan cluster random sampling. Pengambilan sampel untuk kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran ENE berbasis lingkungan sebanyak 42 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran model konvensional sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes objektif. Hasil analisis data didapat nilai rerata kelompok eksperimen yaitu 0,61 lebih dari nilai rerata kelompok kontrol yaitu 0,45. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thit5,16 lebih besar dari ttab =1,99, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas sekolah dasar.

Referensi

sArifah, R. E. N., Sukirman, S., & Sujalwo, S. (2019). Pengembangan Game Edukasi Bilomatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 617. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661310. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661310

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125–133. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Luvi, A. (2015). Penggunaan Bahan Ajar Tematik Pembagian untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IIA MI Ahliyah II Palembang. Aksioma, 4(2), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.307. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.307

Parmin, Sajidan, Ashadi, & Sutikno. (2015). Skill of prospective teacher in integrating the concept of science with local wisdom model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(2), 120–126. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4179.

Pramita Dewi, N. M. D., Surya Abadi, I. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 129–138. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16405

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330

Saleh, S., & Mazlan, A. (2019). The Effects of Brain-Based Teaching with I-Think Maps and Brain Gym Approach Towards Physics Understanding. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 12–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16022. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16022

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.

Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677

Diterbitkan

2021-05-25

Cara Mengutip

Putra, I. G. M. Y. D. ., Putra, D. K. S., & Wiarta, I. W. (2021). Dampak Model Pembelajaran Examples-Non-Examples Berbasis Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal of Instruction, 2(2), 46–51. https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44506

Terbitan

Bagian

Articles