Dampak Model Project Based Learning Berbasis Literasi Terhadap Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.78069Keywords:
project-based learning, keterampilan menulis, literasiAbstract
Kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran membuat pembelajaran kurang menarik dan siswa merasa cepat bosan. Selain itu, minimnya penerapan model pembelajaran yang kreatif khususnya pada keterampilan menulis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan menulis berbasis literasi pada Kelas II SD. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah populasi 216 orang siswa dari 8 sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan instrument yang digunakan adalah tes esai dengan jumlah soal 1. Setelah diberikan perlakuan sebanyak 6 kali, pada tahap akhir eksperimen baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan post-test untuk memperoleh data keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa. Dari hasil analisis diperoleh hasil t-hitung = 3,03. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga t-tabel dengan dk = 28 + 28 - 2 = 54 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh tabel 2,000, karena t-hitung > t-tabel (3,03>2,000), maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi berpengaruh terhadap keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa kelas II SD. Implikasi penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis literasi baik diterapkan dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Sandytya Putri, Ni Nyoman Ganing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)