Dampak Model Project Based Learning Berbasis Literasi Terhadap Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Kadek Sandytya Putri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.78069

Kata Kunci:

project-based learning, keterampilan menulis, literasi

Abstrak

Kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran membuat pembelajaran kurang menarik dan siswa merasa cepat bosan. Selain itu, minimnya penerapan model pembelajaran yang kreatif khususnya pada keterampilan menulis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan menulis berbasis literasi pada Kelas II SD. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah populasi 216 orang siswa dari 8 sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan instrument yang digunakan adalah tes esai dengan jumlah soal 1. Setelah diberikan perlakuan sebanyak 6 kali, pada tahap akhir eksperimen baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan post-test untuk memperoleh data keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa. Dari hasil analisis diperoleh hasil t-hitung = 3,03. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga t-tabel dengan dk = 28 + 28 - 2 = 54 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh tabel 2,000, karena t-hitung > t-tabel (3,03>2,000), maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi berpengaruh terhadap keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa kelas II SD. Implikasi penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis literasi baik diterapkan dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa.

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Putri, N. K. S. ., & Ganing , N. N. . (2024). Dampak Model Project Based Learning Berbasis Literasi Terhadap Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(2). https://doi.org/10.23887/iji.v5i2.78069

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama