Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Portofolio untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI Aph C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019

Penulis

  • Ni Luh Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Parwati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27824

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI APH C SMK Negeri 1 Singaraja sebanyak 35 orang peserta didik pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Data hasil belajar peserta didik diambil melalui tes awal menggunakan soal uraian. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 6,17% dari 69,12% padda siklus I dan terakhir meningkat menjadi 75,29% pada siklus II. Pada siklus II, ketuntasan belajar peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Peningkatan terjadi melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan portofolio dengan penekanan pada: (1) pembelajaran berpusat pada peserta didik, (2) pembelajaran berbasis pada masalah sehari-hari, (3) pemberian bimbingan dan motivasi kepada siswa.

Biografi Penulis

Ni Luh Kusuma Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Matematika

Ni Nyoman Parwati, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Matematika

Referensi

Arikunto, S.dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Candiasa, 2010. Analisis Statistika. Singaraja. Undiksha.

Iru dan Arihi. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo.

Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Nurkanca. (1990). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Peraturan Pemeritahan RI Nomor32 Tahun 2013 tentangPerubahan atas peraturan pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan. Tersedia di http://sindikker.ristekdikti.go.id/dok/PP/PP32-2013PerubahanPP19-2005SNP.pdf

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali press. Setiadi, H. 2006. Penilaian Kinerja. Jakarta: Depdiknas.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Diterbitkan

2020-01-25

Cara Mengutip

Dewi, N. L. K., & Parwati, N. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Portofolio untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI Aph C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019. Indonesian Journal of Instruction, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/iji.v1i1.27824

Terbitan

Bagian

Articles