Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan Materi Masalah Sosial untuk Pembelajaran Siswa Kelas IV SD

Penulis

  • Ni Ketut Reni Sukmasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.31384

Kata Kunci:

Multimedia Interaktif, Pendekatan Kontekstual, Masalah Sosial

Abstrak

Kurangnya kreativitas guru dalam mengkreasikan sebuah media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi ajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual muatan materi masalah sosial pada pembelajaran IPS kelas IV SD. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Development, Evaluate). Metode pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket serta didukung pula dengan metode wawancara dan observasi (tak terstruktur). Subjek penelitian ini terdiri dari para ahli dan siswa sebagai uji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif, dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian multimedia interaktif berbasis kontekstual yang dinyatakan layak berdasarkan ahli isi (konten) pembelajaran yang mencapai persentase 96,43%, ahli desain pembelajaran yang mencapai persentase 94,23%, ahli media pembelajaran dengan persentase 91,17%, uji coba perorangan yang mencapai persentase 95,83%, serta hasil uji coba kelompok kecil yang mencapai persentase 95,13%, secara keseluruhan produk mendapatkan kualifikasi sangat baik. Jadi, pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual menunjukkan hasil yang sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian adalah pengembangan ini memotivasi guru untuk lebih memanfaatkan sarana dan prasarana di sekolah yang sebelumnya jarang dimanfaatkan.

Referensi

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091

Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. I(3), 80–88. DOI: https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1473

Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Alfianti, R. A., Suprapta, B., & Andayani, E. S. (2019). Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 4(7), 938–943. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12636. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12636

Ana, R. R. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Melalui Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN Kendal REJO 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i01.422.

Astuti, T., Suryani, N., & Sunardi. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu Karanganyar Tri. Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16(01), 1–9. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i2.34733 DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757

Bakhri, S., Sari, A. F., & Ernawati, A. (2019). Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061

Dewi, E., & Puspitaningrum. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ipa Materi Struktur Bumi Kelas V Sdn Karangayu 01 Kota Semarang.

Duwika, K., & Paramasila, K. W. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali “Cupak-Gerantang” Pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Journal of Education Technology, 3(4), 301. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501

Hapidah, D. (2016). Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bagian-Bagian Utama Tubuh Hewan dan Kegunaannya di Kelas II SDN Kulur 1 Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. 2(1). DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v2i1.317

Haryono, N. D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran IPS bagi Siswa Kleas IV SD Negeri Tegalpanggung. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9), 1689–1699.

Hasri, H. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran PKn SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7662. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7662

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v3i2.198

Illahi, T. A. R. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 826. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-835

Illahi, T., Rahmah, Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826 DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-835

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345 DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 5(2), 1164 – 1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Nopriyanti, & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222 – 235. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416

Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeru 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11. https://doi.org/10.17977/UM014v11i12018p071

Parata, T. P., & Zawawi, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Drills pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Ecoment Global, 3(2), 52. https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.476 DOI: https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.476

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Himpunan Berbasis Puzzle Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Aksioma, 9(4), 1112 – 1122. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3132. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3132

Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151

Prayoga, N., & Gularso, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Macromedia Authorware pada Kelas IV SD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prodi PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338

Putrantana, A. B., Hariyanto, E., & Saichudin, S. (2020). Uji Kelayakan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi PermainanTradisional. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13584. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13584

Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527 DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemhaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407 DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35

Setioko, D. B., Endramawan, P., & Hariwibowo, A. (2017). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Visual Macromedia Flash Sebagai Modulperkuliahan Motor Listrik Arus Bolak Balik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1(2), 77. https://doi.org/10.25273/jupiter.v1i2.1020 DOI: https://doi.org/10.25273/jupiter.v1i2.1020

Siti Zulaiha. (2016). Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dan Implementasinya dalam rencara Pembelajaran PAI MI. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.84.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14 DOI: https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Suharto. (2018). Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VI SDN 45 Jambak Kecamatan Bayang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(1), 63–69. https://doi.org/10.29210/02162jpgi0005.

Sulastri, T. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya pada Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 41. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.491. DOI: https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.491

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Perss.

Suyitno, S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 101. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9359 DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9359

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295 DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Tegeh. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidiakn Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wicaksono, A. G., Irmade, O., & Jumanto. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Kontekstual Dalam Pembelajaran Sains Sd. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2), 112. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.23 DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v1i2.23

Yanti, H., Wahyuni, S., Maryani, & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Drills Pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 348–355. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/6224/4620.

Zulhelmi, Adlim, & Mahidin. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 72–80. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8414/6803.

Diterbitkan

2021-02-16

Cara Mengutip

Sukmasari, N. K. R., & Sujana, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Muatan Materi Masalah Sosial untuk Pembelajaran Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Instruction, 1(2), 95–106. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.31384

Terbitan

Bagian

Articles