Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Subak Timbul Pada Materi Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan

Authors

  • I Wayan Yoga Diputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63353

Keywords:

Multimedia Interaktif, Kearifan Lokal, Subak Timbul

Abstract

Penelitian ini didasari atas permasalahan belum mampunya guru menyediakan media dan sumber belajar yang variatif dalam mengajar sehingga pembelajaran berlangsung monoton dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Subak Timbul pada muatan IPS kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu 16 siswa kelas V sekolah dasar. Hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,91% (sangat baik). Hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 92,19% (sangat baik), hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 90% (sangat baik), hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 90,91% (sangat baik), hasil uji coba perorangan sebesar 89,88% (baik), hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93,85% (sangat baik), hasil uji coba lapangan sebesar 92,19% (sangat baik). Hasil uji efektivitas memperoleh nilai thitung = 7,514 sedangkan ttabel = 2,131. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Subak Timbul materi kenampakan alam dan kenampakan buatan pada muatan IPS kelas V efektif diterapkan pada proses pembelajaran.

References

Aliffiani, Syafrina, A., & Husin, M. (2018). Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Keterampilan Variasi Stimulus di SD 71 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 24–34. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402.

Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615.

Arini, N. M., & Sudatha, I. G. W. (2022). Bahan Ajar Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 623–635. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798.

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal Of Education, 2(1), 64–73.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Choiri, M. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1), 90–98. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793.

Darmastuti, R., Edi, S. W. M., & Christianto, E. (2018). Model Literasi Media Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Salatiga. Jurnal Aspikom, 3(4). https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.220.

Fitriani, W., Suwarjo, & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040.

Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791–3798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402.

Hasanah, R., Khaulah, S., & Husnidar. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika selama Pandemi COVID-19 di SMP Negeri 6 Samalanga. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2). https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.148.

Havizul. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Menggunakan Model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283–297. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202.

Jannah, I. N., Hariyanti, D. P. D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.

Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091.

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33.

Mufaridah, M., Santoso, S., & Madjdi, A. H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Kelas V SD Berbasis Kearifan Lokal untuk Pengenalan Budaya Sedan Rembang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 500. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28488.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Nugraha, G. N. S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Paket Agung. Jurnal Eductech Undiksha, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19972.

Nurcahyo, M. A. (2020). Penggunaan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2077.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 150–154. https://doi.org/10.33369/joall.v3i1.6538.

Pamungkas, D. A., Prima, F., & Arisyanto, P. (2020). Sumber Belajar dan Media Pembelajaran dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 1 Pidodowetan. Jurnal Sinektik, 3(2), 164–170. https://doi.org/10.33061/js.v3i2.3773.

Pangestika, R. R., & Yansaputra, G. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Budaya Lokal Purworejo Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2465.

Permana, I. M. A. D., Sujana, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Video Pembelajaran Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karana Muatan IPS sebagai Media Efektif untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 66–79. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.58990.

Pratiwi, C. P., & Ediyono, S. (2019). Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Variasi Pembelajaran. Js (Jurnal Sekolah), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.24114/js.v4i1.16065.

Prayogi, D.S., Utaya, S., & Sumarmi. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian,& Pengembangan Journal Of Education Graduate School Of Universitas Negeri Malang, 4(11), 1457–1463. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12990.

Prayogi, Didit Satya, Utaya, S., & Sumarmi. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1457–1463. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12990.

Rachmadyanti, P. (2021). Studi Litearatur: Kearifan Lokal Masyarakat Using sebagai Sumber Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(9), 1447–1453. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i9.15010.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rahmad. (2021). Nilai Karakter Cinta Tanah Air dan Gotong Royong Pada Kearifan Lokal Manugal Sebagai Sumber Belajar IPS di Sekolah Dasar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 220–227. https://doi.org/10.30653/003.202172.193.

Rahmawati, A., Yolida, B., & Marpaung, R. R. T. (2018). Efektivitas Penerapan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(5).

Ratnaningsih, D. (2019). Bahan Ajar Kajian Puisi Berbasis Kearifan Lokal (Piil Pesenggiri) Dengan Dukungan Media Interaktif Prezi Presentation. Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 27–34. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i2.50.

Rosyana, T., Nurjaman, A., & Kadarisma, G. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Papan Berpaku Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 3(1), 74–84. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3391.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287.

Santika, I. W. E., & Sudarmawan, I. P. Y. (2022). Penguatan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Nilai kearifan Lokal Bali Pada Pembelajaran daring. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 434–446. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3747.

Setiono, P., & Rami, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 219–236. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6808.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Surjono, H. dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Suryana, C., & Muhtar, T. (2021). Omplementasi Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ulianta, I. K., Sukardjo, M., & Priono. (2020). Pengaruh Modul Pembelajaran dan Kecerdsasan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar kimia Siswa di SMPN 90 Jakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 25–39. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.13377.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439.

Wigena, I. B. W. (2019). Subak Kini dan Nanti: Sistem Subak dan Relevansinya Bagi Penididkan. Badung: Nilacakra.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Diputra, I. W. Y. ., & Sujana, I. W. . (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Subak Timbul Pada Materi Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 173–185. https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63353