Perangkat Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.31477Kata Kunci:
Perangkat Pembelajaran, VCT, PknAbstrak
Kurangnya pengembangan nilai karakter siswa dalam pembelajaran disebebakan karena kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran oleh guru. Selain itu model serta metode mengajar yang digunakan kurang bervariasi sehingga kurang menarik untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan perangkat pembelajaran Model Value Clarification Technique Berbasis Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV di SD. Jenis penelitian ini adalah development research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Metode dalam penelitian ini adalah non tes dengan memberikan kuesioner yang dinilai oleh pakar dan hanya dilakukan penyebaran rencana pelaksanaan pembelajaran pada wali kelas tanpa melaksanakan uji coba. Hasil validitas instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 1 pada kategori sangat tinggi, memperoleh rata-rata skor validasi perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran VCT berbasis nilai karakter pada mata pelajaran PKn keseluruhan adalah 4,73 dan sudah dapat dikatakan reliabel dengan nilai (R) koefisien kepraktisan 100% dikatakan baik. Maka, validitas rencana pelaksanaan pembelajaran dinyatakan valid dan dapat digunakan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengajarkan nilai-nilai karakter siswa khususnya pada mata pelajaran PKn.
Referensi
Akhwani, A., & Nurizka, R. (2021a). Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 446–454. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.706.
Akhwani, A., & Nurizka, R. (2021b). Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 446–454. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.706. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.706
Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819
Ardika, N. P., Agustiana, I. G. A. T., & Dibia, I. K. (2020). Karakter dan Hasil Belajar PKn Dalam Pembelajaran VCT Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 72–83. https://doi.org/10.23887/jabi.v1i2.28912. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v1i2.28912
Ardisti, G., & Agustiningsih, N. (2020). Pengaruh Modelvalue Clarification Technique (Vct) Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Sejarah Kelas Xidi Sma Islam Al-Falah Jambi. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batangha, 4(1), 26–31. DOI: https://doi.org/10.33087/istoria.v4i1.82
Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199–210. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677
Azis, A. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Pada Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 37–47. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp37-47. DOI: https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp37-47
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Diana Sari, N. L. S., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2), 49. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701.
Ekayani, Ni Wyn, Antara, P. A., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386.
Ermawati, E., Sofiarini, A., & Valen, A. (2021). Penerapan Model Value Clarifications Technique (VCT) pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3541–3550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1372. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1372
Febriany, F. S., Risdiany, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implikasi Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dalam Meningkatkan Kesadaran Nilai Moral pada Pembelajaran PKn di SD. Jurnal Basicedu, 5(6), 5050–5057. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1589. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1589
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02). https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Gusnawan, I. M. V., & Renda, N. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbantuan Media Video Clip Terhadap Hasil Belajar PKN. MIMBAR PGSD, 5(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12433.
Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264 – 6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827
Lifa, M., Sulistyarini, S., & Dewantara, J. A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Techniqiue (VCT) untuk Meningkatkan Nilai Moral Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 4(4), 955–968. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.480. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.480
Lindayani, N. P. S., Putra, M., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clrification Technique Bermuatan Nilai Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 47–56. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20709. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.20709
Netriwati, N. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238
Nuryanto, S. (2017). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dengan Metode Mendongeng Cas Cis Cus di Ba Aisyiyah Kaponan 2 Ponorogo. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.24914/pnf.v3i1.8732.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425
Purbasari, F., Rusnaini, R., & Winarno, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarifica Tion Technique (VCT) Tipe Analisis Nilai Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar. Paedagogia. Paedagogia, 19(2), 156–169. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v19i2.36083.
Putriani, N. P. D., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. wayan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Masalah Sosial Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10887.
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rochimi, I. F., & Suismanto, S. (2019). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231–246. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138
Sari, N. L. S. D., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2), 49–57. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701
Sari, R. Y., Netriwati, N., & Sari, F. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Berpikir Matematis berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.119. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.119
Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019
Widodo, U., Ngadat, N., & Subandi, A. (2021). Designing Interactive Audio-Visual Instructional Media Based On Value Clarification Technique (VCT). Journal of Education Technology, 5(4), 611. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.40412. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.40412
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ni Nengah Erna Wantari, Ni Wayan Rati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)