Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Gede Arta Sattvika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.73510

Keywords:

discovery learning, media mind mapping, hasil belajar IPA

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SD masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini meggunakan desain quasy experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 186 siswa, penentuan sampel akan diacak, dan kelas eksperimen dan kontrol akan diberikan pretest kemudian disetarakan dengan uji anava. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, yakni tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada dua yakni analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Diketahui nilai thitung sebesar 24,448 lebih besar dari ttabel sebesar 1.681, nilai ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800.

Aeni, N. N., Sujana, A., & Sunaengsi, C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Gaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 471–480.

Alamsyah, I. R., & Nugroho, R. A. (2022). Pengaruh Latihan Shooting Dengan Metode Beef Terhadap Akurasi Free Throw Siswi Ekstrakurikuler Basket Smk Neger 4 Bandar Lampung. Journal Of Physical Education, 3(2), 1–5. https://doi.org/10.33365/joupe.v3i2.1890.

Amin, S. F., Ramlawati, R., & Yani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Ppt Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 27 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11169.

Anwar, S. (2021). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62–76.

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 394. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Ariasanti, D., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 125 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 113. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.113353.

Arista, I. M., Saputra, S., Ayu, I. G., Agustiana, T., & Dharmayanti, P. A. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. 11(1), 41–47.

Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456.

Asmedy, A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Model Pembelajaran Konvensional Pokok Bahasan Dimensi Tiga. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 124–132. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.42.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Basyirun, F. (2016). Pengaruh Penerapan Media Peta Pikiran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 1(01), 42–50. https://doi.org/10.36665/jusie.v1i01.5.

Biya, S. A., Isa, I., & Laliyo, L. A. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Mananggu. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 1(1), 23–28.

Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Ii Sdn Bantargebang Ii Kota Bekasi. Jurnal Pedagogik, 2(2), 33–38.

Citra, R. H. (2013). Penerapan Strategi Mind Map Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa. JPGSD Volume, 1(2).

Diana, D., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(11), 1110–1120. https://doi.org/10.17977/um065v2i112022p1110-1120.

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 153–164.

Hamdalah, A. (2013). Efektivitas Media Cerita Bergambar Dan Ular Tangga Dalam Pendidikan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa Sdn 2 Patrang Kabupaten Jember. Jurnal Promkes, 1(2), 118–123. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/jupromkesa4369c10e3full.pdf.

Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 30(1), 337–345.

Haryadi, R., & Mantofani, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika- COMPTON, 8(1), 9–16.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619.

Heny Puspasari, W. P. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13, 65–71.

Hidayatullah, M. (2011). Pengembangan sains dan pembangunan karakter [Science development and character building]. Prosiding Seminar Biologi, 1–38.

Hutasuhut, S. H. (2022). Peranan Statistika Dalam Penelitian Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 60–69. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.5186.

Jannah, R. D., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2018). PISA-like mathematics problem: The context of basketball in Asian Games. Journal of Physics: Conference Series, 1088(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012019.

Juhaeni, J., Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., Azizah, I. N., & Safaruddin, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 241–247. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.176.

Kadir, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik Iain Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 1. https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.886.

Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79.

Lu, J., Luo, T., Zhang, M., Shen, Y., Zhao, P., Cai, N., Yang, X., Pan, Z., & Stephens, M. (2022). Examining the impact of VR and MR on future teachers’ creativity performance and influencing factors by scene expansion in instruction designs. Virtual Reality, 26(4), 1615–1636. https://doi.org/10.1007/s10055-022-00652-4.

Lutfiiyah, L., & Mansur, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 5(01), 15. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i01.1223.

Manili, D. M. C., Subagia, I. W., & Citrawathi, D. M. (2021). Analisis Pengelolaan Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 362. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38137.

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.

Muh Ali, A., Satriawati, S., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114–121. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150.

Muhammad, I., & Juandi, D. (2023). Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama: A Bibliometric Review. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(1), 74–88. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20042.

Nana Sutrisna, G. G. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi Ipa Untuk Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859–2868.

Nanda Melina Rizkia, E. U. H. (2022). Implementasi Model Word Berbantuan Media Busy Book dalam Pembelajaran Bahasa. JSD : Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 83–102.

Natasa Armawita, Bistari Bistari, D. A. V. G. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas V. AS-SABIQUN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6, 99–111.

Novayani, S., Nufida, B. A., & Mashami, R. A. (2015). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN Dosen Program Studi Pendidikan Kimia , FPMIPA IKIP Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen,” 3(1), 253–258.

Novita Sari, E., Ridlo, S., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Di Sma. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1403–1407.

Novitasari. (2021). The effect of the Discovery Learning method on science learning outcomes. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(6), 1446–1451.

Prasetya, I. W. S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Wordwall : Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction Undiksha, 4(3), 163–172.

Putri Awaliah, N., Lilis Marina Angraini, & Ilham Muhammad. (2023). Tren Penelitian Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Matematika: a Bibliometric Review. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(1), 43–62.

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Journal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(2), 246–253.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Rini, D. (2020). Analisis Langkah Model Discovery Learning dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah …, 8, 124–137.

Rio, M. K., & Sunarno, R. D. (2022). Pengaruh Slow Deep Breathing Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Desa Prambatan Lor. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(1), 264. https://doi.org/10.26751/jikk.v13i1.1306.

Rodi, R. C. (2017). Tradisi Maritim Melayu Yang Hampir Lenyap PERSIDANGAN ANTARABANGSA PENGAJIAN ALAM MELAYU 2016 ROYAL ASIATIC SOCIETY , LONDON Anjuran Bersama Institut Alam dan Tamadun Melayu , ATMA , UKM Dewan Bahasa dan Pustaka University of London (Issue January).

Rulianto. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24256.

Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.

Sari, S. E., Susiani, T. S., & Joharman, J. (2021). Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Kecamatan Butuh Tahun Ajaran 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.48101.

Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1–22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809.

Solichin, M. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris, 12(2), 214–231. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/224.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, XII(1), 064–078. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421.

Wati, N. N. K., Suastra, W., & Arnyana, I. B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 569–582.

Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 28–35. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.28-35.

Wijaya, T., Rustiyarso, & Supriadi. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Mind Map untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(12), 1–12.

Winangun, I. M. A. (2021). Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19 I Made Ari Winangun. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar , 2(1), 11–20. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi.

Wiraputra, I. P. F. A., Suastra, I. W., & Sudiana, I. N. (2023). Dampak Positif Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60087.

Yuyu Yuliati. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 257.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Sattvika, G. A. ., Margunayasa, I. G. ., & Rati, N. W. . (2024). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.73510

Most read articles by the same author(s)