Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Gede Arta Sattvika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.73510

Keywords:

discovery learning, media mind mapping, hasil belajar IPA

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SD masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini meggunakan desain quasy experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design.  Populasi penelitian sebanyak 186 siswa, penentuan sampel akan diacak, dan kelas eksperimen dan kontrol akan diberikan pretest kemudian disetarakan dengan uji anava. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, yakni tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada dua yakni analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Diketahui nilai t-hitung sebesar 24,448 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.681, nilai ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2024-01-31

How to Cite

Sattvika, G. A. ., Margunayasa, I. G. ., & Rati, N. W. . (2024). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Indonesian Journal of Instruction, 5(1). https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.73510

Most read articles by the same author(s)