Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.73510Keywords:
discovery learning, media mind mapping, hasil belajar IPAAbstract
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SD masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini meggunakan desain quasy experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 186 siswa, penentuan sampel akan diacak, dan kelas eksperimen dan kontrol akan diberikan pretest kemudian disetarakan dengan uji anava. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, yakni tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada dua yakni analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Diketahui nilai t-hitung sebesar 24,448 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.681, nilai ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gede Arta Sattvika, I Gede Margunayasa, Ni Wayan Rati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)