Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Topik Perpindahan Kalor
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i2.44513Kata Kunci:
IPA, Perangkat Pembelajaran, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas perangkat pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPA topik perpindahan kalor kelas V SD Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap peningkatan hasil belajar IPA di kelas V SD. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Mengingat keterbatasan waktu karena menerapkan sistem lockdown, penelitian ini hanya dilaksanakan sampai dengan tahap pengembangan (development) saja. Hasil analisis pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT diperoleh hasil: validitas isi instrumen sebesar 1,00 dengan interprestasi sangat tinggi dan reliabilitas instrumen sebesar 0,98 dengan interprestasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT di Kelas V SD diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT ini dan mengkaitkannya dengan mata pelajaran lain, sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan.
Referensi
Agung, A. A. (2012) Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Agung Rimba Kurniawan, Soeparman Kardi, T. (2016) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(2), pp. 175–183. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p175-183
Agustina, R. L. (2015) ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Menggunakan Model Stad Dan Nht’, Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3), pp. 31–38. http://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801
Anggraeni, P. and Akbar, A. (2018) ‘Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran’, Jurnal Pesona Dasar, 6(2), pp. 55–65. http://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Aslan and Wahyudin (2015) Kurikulum dalam Tantangan Perubahan.
Cahyadi, R. A. H. (2019) ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model’, Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), pp. 35–42. http://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fitriyati, I., Hidayat, A. and Munzil (2017) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama’, Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), pp. 27–34. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/ e-ISSN:
Hasnawati, Agustini, R. and Koestiari, T. (2015) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) untuk Melatihkan Keterampilan Berkomunikasi dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit’, Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(1). doi: https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p830-837. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p830-837
Kemendikbud (2016) Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Khusniati, M. (2012) ‘Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), pp. 204–210. http://doi: 10.28918/jupe.v10i1.354. DOI: https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.354
Koyan, I. W. (2011) Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kusumaningrum, D. E., Arifin, I. and Gunawan, I. (2017) ‘Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013’, Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat: ABDIMAS PEDAGOGI, 1(1), pp. 16–21. Available at: http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1946.
Manurung, P. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19’, Al-Irsyad, 10(2). http://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978. DOI: https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978
Marisa, U., Yulianti and Hakim, A. R. (2020) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19’, Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(September), pp. 323–330.
Putra, P. (2017) ‘Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI’, Primary Education Journal (PEJ), 1(1), pp. 17–23.
Rayanto and Sugianti (2020) Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2:Teori dan Praktik. Pasuruan: Lembaga Academic&Research Institude.
Saifuddin (2018) Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.
Shoimin, A. (2014) Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ruzz Media.
Siregar, F. A. (2012) ‘Pengaruh Model Kooperatif Tipe Nht Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 18 Medan’, Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), pp. 33–38. http://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3379. DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3379
Susanto, J. (2012) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD’, Journal of Primary Educational, 1(2).
Uswatun, D. A. and Rohaeti, E. (2015) ‘Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Dan Scientific Attitude Siswa’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), p. 138. http://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7498. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7498
Wedyawati and Lisa (2019) Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Widiana, I. W. (2016) ‘Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), p. 147. http://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Zendrato (2016) ‘Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas’, Scholaria, 6(2). DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)