Media Audio Visual Berbasis Kontekstual pada Muatan Materi Keragaman Budaya Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Ni Nyoman Saras Kamala Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.44519

Kata Kunci:

audio visual, kontekstual, IPS, ADDIE

Abstrak

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS menjadi salah satu alasan penelitian pengembangan ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media audio visual berbasis kontekstual untuk mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV sekolah dasar. Subjek penelitian ini yaitu ahli isi bidang studi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaan, dan siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyzed, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode non tes dengan instrumen yang digunakan yaitu kuesioner/angket. Metode analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media audio visual berbasis kontekstual layak untuk digunakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulasan (a) ahli isi mata pelajaran (87,50%), (b) ahli desain pembelajaran (91,67%), (c) ahli media pembelajaran (85%), dan (d) uji coba perorangan (97,50%). Jadi penelitian ini menunjukkan bahwa media audio visual berbasis kontekstual berada pada kualifikasi sangat baik sehingga layak digunakan pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV sekolah dasar. Implikasi penelitian ini, yang mana media audio visual berbasis kontekstual ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Referensi

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkanketerampilan Menulis Narasi, 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940.

Diana, L. M., Sulton, & Sulthoni. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Video Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Islam Al-Hidayah Kaliwates Jember. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 144–151.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Farista, R., & Ilham, A. M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070.

Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102.

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42–47. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/327/155.

Hayati, N., Yusuf, A. M., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027.

Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1500/1098.

Karima, M. K., & Ramadhani. (2018). Permasalahan Pembelajaran Ips Dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 2(1), 43–53. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/35.

Karisma, R., Mudzanatun, M., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Audio Visual untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 216. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19255.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan. (2015). the Constraints of Elementary School Teachers. Cakrawala Pendidikan, 457–467.

Kurniasih, S. (2014). Strategi – Strategi Pembelajaran. Alfabeta.

Lestari, A., Mudzanatun, & Damayani, A. T. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225.

Maryati, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.300.

Mayasari, N., & Sulfemi, W. B. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Referensi. https://ecampus-fip.umj.ac.id/repo/handle/123456789/7061.

Nadir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02(02), 300–330. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/806.

Ningsih, W., & Mardhatillah. (2016). Penerapan Media Audio-Visual Terhadap Keaktifan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam dengan Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri Pasi Teungoh Kecamatan Kaway XVI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–14.

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Cengklong 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 396–418. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa.

Nurrita, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Purnomo, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659.

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. https://core.ac.uk/download/pdf/229579006.pdf.

Raisa, S., Adlim, A., & Safitri, R. (2018). Respon Peserta Didik Terhadap Pengembangan Media Audio-Visual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 82–86. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9821.

Ratri. (2018). Digital Storytelling Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 01(01), 1–8.

Raudah, Y., Sukron, M., & Susilawati, W. O. (2020). Pengaruh Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV: Studi Literatur. International Journal of Technology Vocational Education and Training, 1(2), 137–142.

Riandini, P. V. A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. 8(3), 468–478. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26072.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 95.

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran IPS. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PkN, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.15294/harmony.v2i1.19965.

Salikin, H. (2011). Melihat Kembali Profesionalitas Pendidik. Pengembangan Pendidikan, 8(1), 257–271. https://core.ac.uk/download/pdf/296601658.pdf.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407.

Setyaningsih, G. (2019). Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran Pada SMPN 1 Nusantara Berbasis Smartphone Android. Jurnal Matrik, 18(2), 246–256. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.365.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Garudhawaca.

Suartama, I. . (2016). Bahan Ajar: Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Undiksha.

Sudarma, I. K. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.

Sumardha, F. S. (2019). Pengaruh Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(8). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i8.34831.

Surti, W., & Jailani, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2), 14–27. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.853.

Tegeh, I. M., & dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran Ips. Satya Widya, 33(1), 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36.

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 252. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Dewi, N. N. S. K. ., & Sujana, I. W. (2024). Media Audio Visual Berbasis Kontekstual pada Muatan Materi Keragaman Budaya Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 49–63. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.44519

Terbitan

Bagian

Articles