Media Permainan Ludo pada Sub Tema Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia

Penulis

  • dayu ulan undiksha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.47217

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Permainan Ludo, Manfaat Sumber Daya

Abstrak

Pada pembelajaran daring peserta didik lama kelamaan merasa bosan dan tertekan dengan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Guna mengatasi kebosanan siswa ini, diperlukan pemilihan metode mengajar yang tepat salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan media pembelajaran permainan Ludo, serta mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan media permainan Ludo pada kelas III SD. Model yang menjadi acuan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba produk adalah media pembelajaran bebasis permainan ludo pada topik manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia adalah kelas III Sekolah Dasar. Uji coba produk penelitian pengembangan ini dilakukan dengan me-review media Ludo kepada ahli media, ahli materi dan ahli praktisi untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner/angket. Jenis data yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif (kualitatif dan kuantitatif). Dilihat secara keseluruhan media pembelajaran berbasis permainan ludo dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik.

Referensi

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendiidkan. Aditya Media Publishing.

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran Guru dan Orang Tua : Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1). https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v4i1.19677

Apriyanti, C. (2020). Distance Learning and Obstacles During Covid-19 Outbreak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 68. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.68-83. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.68-83

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Candiasa, I. M. (2010). Pengujian instrumen penelitian disertai aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Hairunisa, N., & Amalia, H. (2020). Review: penyakit virus corona baru 2019 (COVID-19). Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 90–100. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.90-100. DOI: https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2020.v3.90-100

Jannah, M. M., & Wiyatmo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 240–249. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2422.

Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17501.

Koyan, I. W. (2011). Asesmen Dalam Pendidikan (Undiksha Press (ed.)).

Marhadi. (2019). Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education Volume, 7(2), 19–31. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/15029.

Muliansah, R., & Budihartanti, C. (2020). Analisa Pemanfaatan e-Puskesmas di Loket Pendaftaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan dengan Metode PIECES. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1(1), 17–29. https://doi.org/10.36596/jcse.v1i1.22. DOI: https://doi.org/10.36596/jcse.v1i1.22

Pratama, H., Maduretno, T. W., & Yusro, A. C. (2021). Online Learning Solution: Ice Breaking Application to Increase Student Motivation. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(1), 117–125. https://doi.org/10.26858/est.v7i1.19289. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v7i1.19289

Prihandoko, G. K., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game “Labyrinth in the Forest” untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Materi Bilangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 578–590. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.548. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.548

Purnamasari, V. D., & Efendi, F. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Covid-19 Dengan Menggunakan Leaflet Pada Pasien Rawat Jalan Di UPTD Puskesmas Pare Kabupaten Kediri 2021. Pena Medika Jurnal Kesehatan, 11(1), 89. https://doi.org/10.31941/pmjk.v11i1.1423. DOI: https://doi.org/10.31941/pmjk.v11i1.1423

Putra, P., Liriwati, F. Y., Tahrim, T., Syafrudin, S., & Aslan, A. (2020). The Students Learning from Home Experiences during Covid-19 School Closures Policy In Indonesia. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 30–42. https://doi.org/10.25217/ji.v5i2.1019. DOI: https://doi.org/10.25217/ji.v5i2.1019

Sabila, K., Khafifah, N. P., & Alfani, R. (2022). Membangun Kepercayaan dalam Lingkungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 630–635. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3200. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3200

Sahoo, B. P., Gulati, A., & Haq, I. U. (2021). Covid 19 and Challenges in Higher Education: An Empirical Analysis. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(15). https://doi.org/10.3991/ijet.v16i15.23005. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v16i15.23005

Setyorini. (2020). Pandemi Covid-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13? Jiemar, 1(1), 95–102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v3i6.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Syafirah, Mananeke, L., & Rotinsulu, J. J. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 245–255. https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.15551.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Graha Ilmu.

Tegeh, I Made, & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Toresano, W. O. Z. Z. (2020). Integrasi Sains dan Agama: Meruntuhkan Arogansi di Masa Pandemi Covid-19. Maarif, 15(1), 231–245. https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.87. DOI: https://doi.org/10.47651/mrf.v15i1.87

Yamamoto-Moreno, J. A Pineda-Aguilar, C., Ruiz-Pérez, S., Gortarez-Quintana, G. L., & Ruiz-Dorado, M. A. . (2020). Effectiveness of COVID-19 case definition in identifying SARS-CoV-2 infection in northern Mexico. Population Medicine, 2(35). https://doi.org/10.18332/popmed/127470. DOI: https://doi.org/10.18332/popmed/127470

Yamin, M. R., & Karmila. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon dalam Pembelajaran IPA pada Materi Lingkungan Kelas III SD. Biology Teaching and Learning, 2(2), 159–170. https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12307. DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v2i2.12307

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.

Yusman, A. R. A., & Nurhasanah, N. (2017). Jelajah Sejarah Melalui Ludo Carpet : Upaya Mewujudkan Generasi Nasionalis Bagi Anak Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2). https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4822.

Diterbitkan

2022-01-25

Cara Mengutip

ulan, I. A. U. N., Yudiana, K., & Japa, I. G. N. . (2022). Media Permainan Ludo pada Sub Tema Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia. Indonesian Journal of Instruction, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.23887/iji.v3i1.47217

Terbitan

Bagian

Articles