Media Wordwalls Berbasis Soal HOTS terhadap Literasi Digital

Authors

  • Komang Ayu Dewi Prasasti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50927

Keywords:

Media, Wordwalls, HOTS, Literasi Digital

Abstract

Pembelajaran di kelas hanya menggunakan YouTube sehingga belum mampu mengasah kreativitas dan membangkitkan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Wordwalls berbasis soal HOTS terhadap literasi digital siswa kelas V pada IPA. Jenis penelitian yaitu pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli isi, dan 2 ahli media. Subjek uji coba yaitu 18 siswa dan 2 guru. Populasi berjumlah 29 siswa kelas V. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, kuisioner, dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa skala likert. Teknik analisis data penelitian yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta statistic inferensial. Hasil penelitian ahli materi yaitu 0,928 (valid), dan ahli media pembelajaran 17,75 (valid). Hasil respon praktisi yaitu 90,5% (sangat praktis), dan penilaian siswa 97,6% (sangat praktis). Hasil Uji hipotesis diperoleh besar signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi digital siswa di Kelas V SD antara siswa yang menggunakan media Wordwalls Berbasis Soal HOTS. Disimpulkan bahwa media Wordwalls Berbasis Soal HOTS dapat meningkatkan literasi digital.

References

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831.

Afrita, M., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(2). https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83.

Alfiandra, A., Safitri, S., & Dianti, P. (2018). Implementasi model controversial issue dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 62–73. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17281.

Alfianti, A., Taufik, M., Hakim, Z. R., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Jurnal of Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.g1791.

Ambarwati, M. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika SD. Mimbar PSGD Undiksha, 7(2), 65–71. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17472.

Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479–485. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258.

Ario, M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709.

Astra, I. M., Raihanati, R., & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Module Using Creative Problem-Solving Model Equipped with Hots Problems on The Kinetic Theory of Gases Material. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 181–194. https://doi.org/10.21009/1.06205.

Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The Role of Video Materials in EFL Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 502–506. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.068.

Brouwer, N., Besselink, E., & Oosterheert, I. (2017). The Power of Video Feedback with Structured Viewing Guides. Teaching and Teacher Education, 66, 60–73. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.03.013.

Chan, B. S. K., Churchill, D., & Chiu, T. K. F. (2017). Digital Literacy Learning in Higher Education through Digital Storytelling Approach. Journal of International Education Research (JIER), 13(1), 1–16. https://doi.org/10.19030/jier.v13i1.9907.

Chandra, A. Y., Kurniawan, D., & Musa, R. (2020). Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop). Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 208. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1505.

Chen, Y., Mayall, H. J., York, C. S., & Smith, T. J. (2019). Parental perception and English Learners’ mobile-assisted language learning: An ethnographic case study from a technology-based Funds of Knowledge approach. Learning, Culture and Social Interaction, 22. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.100325.

Chin, K.-Y., & Wang, C.-S. (2021). Effects of augmented reality technology in a mobile touring system on university students’ learning performance and interest. Australasian Journal of Educational Technology, 37(1). https://doi.org/10.14742/ajet.5841.

Churchill, N. (2020). Development of Students’ Digital Literacy Skills through Digital Storytelling with Mobile Devices. Educational Media International, 57(3), 271–284. https://doi.org/10.1080/09523987.2020.1833680.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.

Fadzam, I. A., & Rokhimawan, M. A. (2020). Analisis Materi IPA Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Dengan HOTS. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(1). https://doi.org/10.22373/jid.v21i1.5970.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 266424. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073.

Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202.

Gunada, I. W., Ayub, S., Doyan, A., Verawati, N. N. S. P., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Fisika Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(1), 59–65. https://doi.org/10.29303/JPFT.V7I1.2767.

Gusmida, R., & Islami, N. (2017). The Development of Learning Media for the Kinetic Theory of Gases Using the ADDIE Model with Augmented Reality. Journal of Educational Sciences, 1(1), 1. https://doi.org/10.31258/jes.1.1.p.1-10.

Hamidah, M., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian berbasis HOTS menggunakan Aplikasi Quizizz. Efisiensi: Kajian Ilmu Adminsitrasi, 18(1). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997.

Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021.

Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513.

Hatlevik, O. E., Throndsen, I., Loi, M., & Gudmundsdottir, G. B. (2018). Students’ ICT self-efficacy and computer and information literacy: Determinants and relationships. Computers and Education, 118(November 2017), 107–119. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.11.011.

Hébert, C., Dagenais, C., Sween-Cadieuxid, E. M., & Ridde, V. (2020). Video as a public health knowledge transfer tool in Burkina Faso: A mixed evaluation comparing three narrative genres. PLoS Neglected Tropical Diseases, 14(6), 1–26. https://doi.org/10.1371/journal.pntd.0008305.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705.

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.

Kusuma, M. D., Abdurrahman, Rosidin, U., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment in Physics Study. Journal of Research & Method in Education, 7. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632.

Kusumawati, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Dengan Animasi Macromedia Flash Berbasis Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(02), 263–271. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.289.

Kusumayuni, P. N., & Agung, A. A. G. (2021). E-Book with A Scientific Approach on Natural Science Lesson For Fifth Grade Students of Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32048.

Maison, M., Haryanto, H., Ernawati, M. D. W., Ningsih, Y., Jannah, N., Puspitasari, T. O., & Putra, D. S. (2020). Comparison of student attitudes towards natural sciences. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 54–61. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20394.

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476.

Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) integrated science with the theme of the motion in life using integrated connected type 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564.

Mukhtar, R., Maimunah, & Yuanita, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1094.

Muslina, M., Halim, A., & Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton II Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di Sma Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568.

Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20627.

Nopiantari, I., & Agung, A. A. G. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Video Pembelajaran pada Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Bermuatan Masalah Sosial. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 75–84. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32058.

Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105.

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332.

Perdana, R., Yani, R., Jumadi, J., & Rosana, D. (2019). Assessing Students’ Digital Literacy Skill in Senior High School Yogyakarta. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.17168.

Polizzi, G. (2020). Digital literacy and the national curriculum for England: Learning from how the experts engage with and evaluate online content. Computers and Education, 152. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103859.

Pratolo, B. W., & Solikhati, H. A. (2020). The implementation of digital literacy in indonesian suburban EFL classes. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1508–1512.

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417.

Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406.

Putra, I. G. D., & Sujana. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Educational Technology, 4, 103–109. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44-51file:///C:/Users/hp/Documents/FRIDA/SEMESTER.

Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386.

Saputra, H., & Musafanah, Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-Book Pada Materi IPA. Elementary School Journal, 4(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179.

Sarnoko, S., Ruminiati, R., & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan Savi Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sdn I Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524.

Setianingsih, I. G. A. A. A., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(3), 203–209. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21827.

Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode Pembelajaran Daring Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar Dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83. https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91.

Setiawan, Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B., & Sudarmin, S. (2017). The development of local wisdom-based natural science module to improve science literation of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 49–54. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.9595.

Sidiq, Y., Ishartono, N., Desstya, A., Prayitno, H. J., Anif, S., & Hidayat, M. L. (2021). Improving Elementary School Students’ Critical Thinking Skill in Science Through Hots-Based Science Questions: A Quasi-Experimental Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 378–386. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.30891.

Sismulyasih, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa Pgsd Unnes. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 64–70. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2724.

Soeoed, R., Rachmawaty, N., & Huzzin As’ari, M. (2018). Evaluation on the use of animated narrative video in teaching narrative text. SHS Web of Conferences, 42, 00087. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200087.

Solé-Llussà, Anna, Aguilar, D., & Ibáñez, M. (2019). Video worked examples to promote elementary students’ science process skills: a fruit decomposition inquiry activity. Journal of Biological Education, 1. https://doi.org/10.1080/00219266.2019.1699149.

Spante, M., Hashemi, S. S., Lundin, M., & Algers, A. (2018). Digital Competence and Digital Literacy in Higher Education Research: Systematic Review of Concept Use. Cogent Education, 5(1), 1–21. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1519143.

Subhan, Y. A., Sunardi, S., Hani, U., & Aziz, K. (2021). Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris. Madaniya, 2(4). https://doi.org/10.53696/27214834.103.

Suyono, Harsiati, & Wulandari. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. https://doi.org/10.17977/um009v26i22017p116.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2020). Online Interactive Multimedia Oriented to HOTS through E-Learning on Physics Material about Electrical Circuit. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 1–14. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17667.

Wong, W. C. W., Sun, W. H., Chia, S. M. C., Tucker, J. D., Mak, W. P. H., Song, L., Choi, K. W. Y., Lau, S. T. H., & Wan, E. Y. F. (2020). Effectiveness of a Peer-Led Web-Based Intervention to Improve General Self-Efficacy in Using Dating Apps among Young Adults: Randomized Clustered Trial. Journal of Medical Internet Research. https://doi.org/10.2196/16378.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626.

Yasa, A. D. (2020). Pengembangan e-evaluation berbasis aplikasi hot potatoes untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987.

Zou, D., Huang, Y., & Xie, H. (2019). Digital Game-Based Vocabulary Learning: Where are We and Where are We Going? Computer Assisted Language Learning, 0(0), 1–27. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1640745.

Zulfa, L. N., & Haryanto. (2021). Pengaruh Media Macromedia Flash terhadap Literasi Sains dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Prasasti, K. A. D. ., Widiana, I. W. ., & Japa, I. G. N. . (2024). Media Wordwalls Berbasis Soal HOTS terhadap Literasi Digital. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 64–75. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50927