Media Wordwalls Berbasis Soal HOTS Terhadap Literasi Digital

Authors

  • Komang Ayu Dewi Prasasti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50927

Keywords:

Media, Wordwalls, HOTS, Literasi Digital

Abstract

Pembelajaran di kelas hanya menggunakan YouTube sehingga belum mampu mengasah kreativitas dan membangkitkan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan WordWalls berbasis soal HOTS terhadap literasi digital siswa kelas V pada IPA. Jenis penelitian yaitu pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli isi, dan 2 ahli media. Subjek uji coba yaitu 18 siswa dan 2 guru. Populasi berjumlah 29 siswa kelas V. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, kuisioner, dan tes. Instrume pengumpulan data berupa skala likert. Teknik analisis data penelitian yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta statistic inferensial. Hasil penelitian ahli materi yaitu 0,928 (valid), dan ahli media pembelajaran 17,75 (valid). Hasil respon praktisi yaitu 90,5% (sangat praktis), dan penilaian siswa 97,6% (sangat praktis). Hasil Uji hipotesis diperoleh besar signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi digital siswa di Kelas V SD antara siswa yang menggunakan media Wordwalls Berbasis Soal Hots. Disimpulkan bahwa media Wordwalls Berbasis Soal Hots dapat meningkatkan literasi digital.

Published

2024-01-31

How to Cite

Prasasti, K. A. D. ., Widiana, I. W. ., & Japa, I. G. N. . (2024). Media Wordwalls Berbasis Soal HOTS Terhadap Literasi Digital . Indonesian Journal of Instruction, 5(1). https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.50927