Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Problem Solving Pada Muatan Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50948Kata Kunci:
Media Pembelajaran Flipbook, Problem Solving, IPSAbstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis rancang bangun media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD dan menguji kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validiasi media oleh (1) ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% (sangat baik); (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 87,5% (baik); (3) ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,7% (sangat baik); dan (4) uji coba perorangan memperoleh persentase skor 95,83% (sangat baik). (5) penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 94,72% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia layak digunakan pada proses pembelajaran.
Referensi
Abidin, Z., Mas Ramadhan, G., & Kusniawati, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(5), 5.
Andarini, T., Masykuri, M., & Sudarisman, S. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalaui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 102–119.
Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan, 1(1), 1–15. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Benson, A., & Odera, F. (2013). Selection and use of media in teaching Kiswahili language in secondary schools in Kenya. Internationa Journal of Information and Comunication Technology Reseacrh, 3(1).
Farista, R., & Ilham, A. M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.
Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91. https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894. DOI: https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894
Haryanto, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Melalui Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray SDN 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(2), 171–183. DOI: https://doi.org/10.33084/tunas.v3i2.578
Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860
Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton- Kencong. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p158.
Muliawan. (2016). Model Pembelajaran Spektakuler. Ar-Ruzz Media.
Ngure, G., Nyakrawa, B., Kimani, E., & Mweru, M. (2014). Utilization of Instructional Media for Quality Training in Pre-Primary School Teacher Training Colleges in Nairobi County, Kenya. Researchjournali’s Journal of Education, 2(7).
Nirmala, N. S., & Istianah, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Sebagai Media Belajar Pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).
Nuryani, N. L., & Surya Abadi, I. G. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/6213.
Ratnawati, E. (2013). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. EDUEKSOS: Jurnal Pendiidkan Sosial Dan Ekonomi, 2(1), 1–6.
Ridwan, A. E. (2016). Pendidikan IPS dalam Membentuk SDM Beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 27–35. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 95.
Ruskandi, K., & Ferdian, Y. (2015). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Lerning Dalam Pembelajaran IPS di SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Metodik Didaktik, 10(1), 69–77. https://doi.org/10.17509/md.v10i1.3243. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v10i1.3243
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1012/pdf. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Siregar, A., Kalsum, U., & Rambe, S. M. (2022). Pengaruh Ruang Lingkup IPS Terhadap Perkembangan Siswa di MTS PAB 2 Sampali. Lokakarya: Journal Research and Education Studies, 1(1), 1–10.
Suartama, I. . (2016). Bahan Ajar: Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Undiksha.
Sugiarti, L., & Handayani, D. E. (2017). Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-Up dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) Untuk Siswa Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 109–118. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660
Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Wacana Prima.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wahyuni, N. L. ., Wibawa, I. M. ., & N.T, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains. International Journal of Elementary Education, 2(3), 203–210. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959
Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381
Wulansari, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Problem Solving Melalui Penggunaan Metode Team Game Tournament Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan Dan Sains, 5(2), 151–159. http://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika%0A. DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.151-159
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 I Kade Septatika Raditya, I Wayan Sujana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)