Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Problem Solving Pada Muatan Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Penulis

  • I Kade Septatika Raditya Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50948

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Flipbook, Problem Solving, IPS

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis rancang bangun media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD dan menguji kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V SD. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas V. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validiasi media oleh (1) ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% (sangat baik); (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 87,5% (baik); (3) ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,7% (sangat baik); dan (4) uji coba perorangan memperoleh persentase skor 95,83% (sangat baik). (5) penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 94,72% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis problem solving dalam IPS muatan materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia layak digunakan pada proses pembelajaran.

Referensi

Abidin, Z., Mas Ramadhan, G., & Kusniawati, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(5), 5.

Andarini, T., Masykuri, M., & Sudarisman, S. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalaui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 102–119.

Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan, 1(1), 1–15. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Benson, A., & Odera, F. (2013). Selection and use of media in teaching Kiswahili language in secondary schools in Kenya. Internationa Journal of Information and Comunication Technology Reseacrh, 3(1).

Farista, R., & Ilham, A. M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699.

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android Dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91. https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894. DOI: https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894

Haryanto, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Melalui Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray SDN 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(2), 171–183. DOI: https://doi.org/10.33084/tunas.v3i2.578

Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860

Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kraton- Kencong. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um031v3i22017p158.

Muliawan. (2016). Model Pembelajaran Spektakuler. Ar-Ruzz Media.

Ngure, G., Nyakrawa, B., Kimani, E., & Mweru, M. (2014). Utilization of Instructional Media for Quality Training in Pre-Primary School Teacher Training Colleges in Nairobi County, Kenya. Researchjournali’s Journal of Education, 2(7).

Nirmala, N. S., & Istianah, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Sebagai Media Belajar Pada Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1).

Nuryani, N. L., & Surya Abadi, I. G. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/6213.

Ratnawati, E. (2013). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. EDUEKSOS: Jurnal Pendiidkan Sosial Dan Ekonomi, 2(1), 1–6.

Ridwan, A. E. (2016). Pendidikan IPS dalam Membentuk SDM Beradab. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 27–35. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 95.

Ruskandi, K., & Ferdian, Y. (2015). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Lerning Dalam Pembelajaran IPS di SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Metodik Didaktik, 10(1), 69–77. https://doi.org/10.17509/md.v10i1.3243. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v10i1.3243

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1012/pdf. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Siregar, A., Kalsum, U., & Rambe, S. M. (2022). Pengaruh Ruang Lingkup IPS Terhadap Perkembangan Siswa di MTS PAB 2 Sampali. Lokakarya: Journal Research and Education Studies, 1(1), 1–10.

Suartama, I. . (2016). Bahan Ajar: Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Undiksha.

Sugiarti, L., & Handayani, D. E. (2017). Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-Up dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) Untuk Siswa Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 109–118. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Wacana Prima.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wahyuni, N. L. ., Wibawa, I. M. ., & N.T, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains. International Journal of Elementary Education, 2(3), 203–210. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959

Wijayanti, W., & Christian Relmasira, S. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381

Wulansari, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Problem Solving Melalui Penggunaan Metode Team Game Tournament Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan Dan Sains, 5(2), 151–159. http://journal.uim.ac.id/index.php/wacanadidaktika%0A. DOI: https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.151-159

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Diterbitkan

2021-09-25

Cara Mengutip

Raditya, I. K. S., & Sujana, I. W. . (2021). Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Problem Solving Pada Muatan Materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 92–102. https://doi.org/10.23887/iji.v2i3.50948

Terbitan

Bagian

Articles