PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MEDIA KARTU BILANGAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23966Keywords:
Aktivitas dan Hasil Belajar, Model JigsawAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi perkalian dan pembagian melalui model pembelajaran Jigsaw dengan media kartu bilangan pada siswa kelas II SD 2 Kaliwungu semester II tahun pelajaran 2017/2018. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Pada akhir tindakan siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 72,38% meningkat pada siklus II menjadi 89,5%. Selanjutnya, rata-rata nilai tes formatif siklus I sebesar 69,50 meningkat pada siklus II menjadi 76,50. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 65% meningkat pada siklus II menjadi 85% sehingga mengalami peningkatan sebesar 20%. Disimpulkan bahwa melalui model Jigsaw dengan media kartu bilangan terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Disarankan bahwa, pada proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa.
References
Anni, Catharina Tri dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Isjoni. 2011. Cooperative learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok.. Bandung: Alfabeta.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algresindo.