Meningkatan Kemampuan Guru Kelas Atas dalam Melaksanakan Pembelajaran melalui Supervisi Teknik Kelompok pada Sekolah Dasar

Authors

  • I Putu Jaya Saputra Sekolah Dasar Negeri 1 Gitgit, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.42945

Keywords:

Kualitas Pembelajaran, Supervisi akademik

Abstract

Kualitas pembelajaran secara umum masih kurang maksimal. Guru masih cenderung mengajar tanpa rencana pembelajaran dan masih menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan guru kelas atas dalam melaksanakan pembelajaran melalui supervisi teknik kelompok pada sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan evaluasi kemudian dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase tahap prasiklus sebesar 65,25%, persentase siklus I sebesar 80%, dan hasil siklus II mencapai 90%. Maka, pelaksanaan tindakan supervisi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar dengan hasil semua komponen baik kedisiplinan, perangkat pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan metode up to date lebih dari 85% telah terlaksana. Supervisi teknik kelompok dilaksanakan dengan mengadakan bimbingan pada proses persiapan dan pengadaan perangkat pembelajaran dan mengadakan diskusi untuk kemudian memberikan masukan kepada guru untuk pelaksanaan pembelajaran berikutnya. Implikasi penelitian ini diharapkan melalui kegiatan supervisi dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru dalam melaksanakan tugas.

References

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru pada Satuan Pendidikan MTS Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79.

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16.

Arafat, Y., Fitria, H., Profesional, K., & Guru, K. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. 9(1).

Arifah, K. (2015). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SD Negeri Candirejo 01 Tahun 2014 - 2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 116–130. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p116-130.

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631.

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. AL- Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1 – 28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496.

Candra, A., Sabandi, A., Syahril, S., & Zikri, A. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Insentif terhadap Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal Basicedu, 4(3), 690–695. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.379.

Darwini, Ibrahim, M. M., & Tahir, M. Y. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah terhadap Motivasi berprestasi Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 116–126. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/8820.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Desertasi Pascasarjana UNJ). Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 5(1), 9–19.

Eliningsih. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Manajemen Pengelolaan Kelas di Masa Pandemi Covid-19 melalui Supervisi Klinis. Journal Nuansa Akademik, 6(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690.

Fauzi, M. S., & Falah, M. S. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Kasus di SMAU 1 Gresik. JM-TBI: Jurnal Manajemen dan Tarbiyatul Islam, 1(1), 54–76. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jm-tbi/article/view/1440.

Jamma, H. (2016). Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Kinerja dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar di Kota Padang Panjang. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 149. https://doi.org/10.31958/jaf.v1i2.360.

Mahfud. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolaj, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosisal, 2(1), 2–17.

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Muspawi, M. (2017). Implementasi Supervisi Akademik pada MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi. TA’DIB : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3181.

Nurjamaludin, M. (2020). Hubungan Disiplin dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru dalam Mengajarkan IPS di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Garut. Jurnal Pedagogi Pendidikan Dasar, 7(1), 49–64. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/30059.

Oktavia Wahyu Ariyani, & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892.

PEP, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal of EST (Educational Science and Technology), 1(2). https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1515.

Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151.

Priyanto, E. (2021). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Akademik. Elementary School, 8(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1077.

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8.

Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791.

Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 114–132. https://doi.org/10.31227/osf.io/7azuy.

Sariani, Khairat, M. El, & Yaningsih. (2021). An Optimization of Language Learning in Writing Through E-Learning: Encountering Covid-19 Pandemic. International Journal of Language Education, 5(1), 528–541. https://doi.org/10.26858/IJOLE.V5I1.15375.

Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 417 – 434. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.539.

Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804.

Supardi. (2014). Kontribusi Supervisi Kepala Madrasah, Iklim Kerja, dan Pemahaman Kurikulum terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(1), 59. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i1.133.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Saputra, I. P. J. (2021). Meningkatan Kemampuan Guru Kelas Atas dalam Melaksanakan Pembelajaran melalui Supervisi Teknik Kelompok pada Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(1), 66–72. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.42945