Supervisi yang Berkesinambungan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Proses Pembelajaran

Authors

  • Ni Ketut Tistawati SD Negeri 3 Jinengdalem

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44467

Keywords:

Supervisi, Proses Pembelajaran

Abstract

Kurangnya kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran disebabkan karena wawasan guru tentang pembelajaran inovatif, diksusi dengan teman sejawat tentang kendala-kendala yang ditemui ketika melaksanakan proses pembelajaran belum dipahami dengan maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru-guru yang berjumlah 9 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yaitu pada prasiklus tingkat kemampuan guru melaksanakan pembelajaran sebesar 69,60% yang tergolong cukup, pada siklus II menjadi 73,77 yang tergolong cukup, dan pada siklus II menjadi 77,31 yang tergolong baik. Maka, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sudah baik melalui pelaksanaan supervisi yang berkesinambungan. Implikasi penelitian diharapkan adanya kesediaan untuk menerima perbaikan sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanaan pembelajaran.

References

Andriani, rini dewi. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81.

Anom, G. A. (2020). Supervisi Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 221–228. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/308.

Arifah, K. (2015). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Mengajar Guru melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Individual di SD Negeri Candirejo 01 Tahun 2014 - 2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 116–130. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p116-130.

Astuti, A. (2019). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Provesionalisme Guru. DIDAKTIKA, 11(2), 144. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.162.

Basri, S., Nurochmah, A., & Syamsu, K. (2021). Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(3), 464–474. https://doi.org/10.35965/eco.v21i3.1245.

Bilda, W. (2016). Pendidikan Karakter Terencana melalui Pembelajaran Matematika. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.30595/alphamath.v2i1.215.

Dahlim. (2021). Upaya Meningkatan Mutu Pembelajaran melalui Supervisi Akademik dan Bimbingan Berkelanjutan. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.277.

Fahmi, C. N., Nurliza, E., AR, M., & Usman, N. (2018). The Analysis of Supervision Perception at the Elementary School in Aceh Besar, Indonesia. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5(8), 4937–4939. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v5i8.05.

Ghifari, M., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Bentuk Aljabar Ditinjau Perbedaan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 243. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9542.

Ginting, R. (2020). Fungsi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 88–92. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/409/230.

Gumilar, G. G., & Munzir, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Global Indo-Asia Batam. Jurnal Dimensi, 7(2), 232–238. https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1710.

Hamidah, Djahir, Y., & Fatimah, S. (2017). Perbandingan Pengaruh Model Pembelajaran Time Token dengan Think Talk Write terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran IPS di SMPN 10 Palembang. Jurnal PROFIT, 4(1), 12–24. https://doi.org/10.36706/jp.v4i1.5575.

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19861.

Krisdiyanto, G., & Istikomah. (2016). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Publikasi Pendidikan, 6(3), 205–223. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275.

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403–432. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/178.

Milla, A. (2020). Proses dan Teknik Supervisi. 1–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/azpcs.

Najmiah, S. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis dengan GeoGebra. Matematika, 16(2). https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900.

Nurani, R. T., & Sarino, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 298. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14613.

Nurtaniati, L. N. (2018). Studi Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Pengawas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management, 2(2). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1924.

Pebriani, O. (2019). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. 1–5. https://doi.org/10.31227/osf.io/p3m4g.

PEP, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal of EST (Educational Science and Technology), 1(2). https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1515.

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8.

Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. RITME, 2(1), 16–25. https://ejournal.upi.edu/index.php/ritme/article/viewFile/5078/3539.

Sarumaha, D. (2018). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Berkesinambungan di SMK Negeri 2 Fanayama, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias. Warta Dharmawangsa, 1, 55. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i55.220.

Sedana, I. M. (2019). Guru dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 179. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.891.

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461.

Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57.

Sucipto, S., Alim, N., & Obaid, moh yahya. (2020). Sistem Penjaminan Mutu di SDIT Al-Qalam Kendari. DIRASAH: JURNAL, 1(1), 13–18. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/dirasah/article/view/2071.

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja terhadap Peningkatan Kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.

Sudaryati. (2021). Peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran Berbasis Digitas (Daring) Melalui Supervisi Klinis di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 156–191. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.241.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508–520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582.

Suhada, muarif mahmud. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Madureso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 68. http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/Ar-rihlah/article/view/138/117.

Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804.

Supriadi, B. (2019). Hakikat Supervisi dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120.

Suwartini, erni agustina. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 62–70. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8294.

Syaputra, M. D., Makhdalena, M., & Sumarno, S. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(2), 146. https://doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Tistawati, N. K. (2022). Supervisi yang Berkesinambungan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Proses Pembelajaran. Journal of Education Action Research, 6(1), 80–86. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44467