Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ni Luh Ayu Marheni SD Negeri 2 Tigawasa, Banjar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45822

Keywords:

Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran matematika dengan baik berakibat pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas III SD. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada tiap-tiap siklus terdapat empat tahap penelitian yang terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 21 orang siswa kelas 3 SD. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tes, dengan instrumen penelitian berupa soal matematika. Data yang diperoleh pada penelitian kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif yang kemudian dikonversikan ke dalam Penilaian Acuan Patokan (PAP) skala lima. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1355, rata-rata 65, daya serap 65%, ketuntasan belajar 71%) dan siklus II (jumlah 1540, rata-rata 73, daya serap 73%, ketuntasan belajar 95%). Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 Sekolah Dasar.

References

Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika untuk Anak SD Kelas 1 dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159. DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41

Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 9–21. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973

Fajriyati, R., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(4), 56–66. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3882

Farida, B. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 4 Tanggung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 81. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.81-90. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.81-90

Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1310.

Fitriasari, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.6758. DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.6758

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. Jurnal ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28866. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28866

Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.801.

Junisa, A., Marli, S., & Margiati, M. (2018). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar IPS Di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(6). https://doi.org/0.26418/jppk.v7i6.26052.

Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332

Murda, N., Oktaviani, M. D. S., & Suwatra, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662

Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa di Mi Al-Mursyid Citeureup-Bogor. Journal of Basic Educational Studies, 1(1). http://www.journal.laaroiba.ac.id/index.php/eduinovasi/article/view/242. DOI: https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.242

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://www.neliti.com/publications/278118/penerapan-model-pembelajaran-discovery-learning-untuk-meningkatkan-kemampuan-ber. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351

Pamungkas, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring pada Siswa Kelas VI melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz. Majalah Lontar, 32(2), 57–68. https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306. DOI: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306

Sahrul, S., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 626–636. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.277. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.277

Sapitri, N. Y. dwi. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Keterampilan Menulis Resensi Cerpen Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Kota Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 69. https://doi.org/10.33087/aksara.v4i1.168. DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v4i1.168

Sari, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.27.

Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2021). Model Pembelajaran Kontekstual Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 85–91. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.14286. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.14286

Simarmata, N. N. (2018). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 79–86. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13854. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13854

Solihat, I. (2020). Penggunaan Model Bola Salju (Snowball Throwing ) dalam Pembelajaran Menyimak. Dinamika, 3(2), 82. https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1005. DOI: https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1005

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). ttps://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150

Syafi’i, M., & Fatmalawati, K. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Model Talking Stick. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 100–107. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2782. DOI: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2782

Untari, E., & Susanto, L. (2022). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping, Snowball Throwing, dan Teams Games Tournaments (TGT) Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1). http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12171.

Usaningsih, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar melalui Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing pada Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. Journal of Education Action Research, 5(2). https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33373. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33373

Widiyanto, S., & Ati, A. P. (2019). Pengaruh Metode Snow Ball Throwing dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Argumen Siswa SMK Insan Mulia Kota Bekasi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 36–46. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1803.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Marheni, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 6(2), 208–213. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45822

Issue

Section

Artikel