Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ni Ketut Purniwantini SD Negeri 1 Baktiseraga, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45819

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang menoton menimbulkan rasa bosan pada siswa, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa yang berjumlah 21 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1425, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 67%) dan siklus II (jumlah 1675, rata-rata 80, daya serap 80%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 12% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 33%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar Matematika.

References

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.

Asmariati, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Urnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(4), 722–745. https://doi.org/http://ojs.serambimekkah.ac.id/JKK/article/view/2455.

Dewi, S. P., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 296–305.

Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 9–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973.

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61–74. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1.

Fitriasari, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.6758.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47.

Gusti, A. M. A. P. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran E-Learning dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Kelas Kalkulus Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4265.

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827.

Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.

Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Juhji, J. (2019). Pengaruh penerapan model snowball throwing terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23–32. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2203.

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122.

Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873.

Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal Dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p115.

Pravitasari, N. (2020). Pengaruh Partisipasi Aktif Orangtua dan Penguasaan Konsep Kognitif Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 206–211. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.308.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327.

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.

Ratna Juwita. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Xii Ips Sma Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.52647/jep.v2i2.20.

Safitri, K. (2020). Pengembangan Kartu Kata (Flash Card) Bahasa Arab Berbasis Kosakata Bagi Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtida ’ Iyah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV, 2, 272–283.

Santika, M., Fahrudin, F., & Aulia, W. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Snowball Throwing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.189.

Syafi’i, M., & Fatmalawati, K. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Model Talking Stick. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 100–107. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2782.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Usaningsih, K. (2021). PeningkatanHasil Belajar melalui Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing pada Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan. Journal of Education Action Research, 5(2). https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33373.

Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127–131. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2513.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Purniwantini, N. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 6(3), 309–314. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45819