Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Luh Sri Armidi SD Negeri 3 Tukadmungga, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45869

Keywords:

Model Pembelajaran TAI, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VI SD. Penelitian termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Tiap siklus penelitian terdiri dari 4 tahapan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 21 siswa kelas VI SD. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes, dengan instrument penelitian berupa tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1435, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 62%) dan siklus II (jumlah 1645, rata-rata 78, daya serap 78%, ketuntasan belajar 95%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 10% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD.

References

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137.

Azis, S. Z., & Panggabean, H. S. (2021). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Pahae Jae. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1). https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1. 6751.

Fadlilah, M. F., Swida, P., & Hakim, L. El. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbatuan Video Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 172 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 14–26. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.02.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602.

Hasbi, M., & Putri, F. (2018). Improvement Mathematics Problem Solving Ability Of The Students Taught By Using Team Assisted Individualization Cooperative Learning Model. Jurnal Daya Matematis, 6(2), 125. https://doi.org/10.26858 /jds.v6i2.6054.

Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. Jurnal ESJ (Elementary School Journal), 11(2), 197–188. https://doi.org/10.24114/esjpgsd. v11i2.28866.

Jeheman, Akuila, A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2. 454.

Karim, A., Dini, S., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb. v1i2.17.

Minarti, E. D., Dewi, H. P., & Fitri, E. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 949. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p949-956.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1235.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74.

Nurcahyo, A., & Sudibyo, N. A. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran TAI AFL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pada Materi Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.24.

Nurhikmah, N., & Ernawati, E. (2021). Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berbasis Media Whatsapp. JTMT : Journal Tadris Matematika, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i2.469.

Panjaitan, J., Simangunsong, I. T., Damanik, D. P., & Hulu, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Darma Agung, 28(1), 52. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v28i1.460.

Purna, I. N., & Ardana, I. M. (2021). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pengendalian Kemampuan Numerik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 160. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32447.

Ramadhani, K., & Azis, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1). https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.4025.

Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510.

Sobandi, A., Putri, D. A., & Suwatno, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Team Games Tournaments Dan Team Assisted Individualization. Jurnal Manajerial, 17(1), 1. https://doi.org/10.17509/manajerial. v17i1.9739.

Sutiari, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107.

Syafi’i, M., & Fatmalawati, K. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Model Talking Stick. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 100–107. https://doi.org/10.21067 /pmej.v1i3.2782.

Waritsman, A., & Wutsqa, D. U. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 183–196. https://doi.org/10.24832/jpnk. v4i2.1153.

Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849.

Yulia, P., & Dewi, E. K. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Tai Dan PBI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 50 Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.33373/ pythagoras.v7i2.1318.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII DI SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Armidi, N. L. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 390–395. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45869