Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD

Authors

  • Ni Luh Sri Armidi SD Negeri 3 Tukadmungga, Buleleng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya inovasi guru dalam proses pembelajaran IPS berakibat pada rendahnya hasil belajar IPS siswa, sehingga tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Pada masing-masing siklus terdapat empat tahap penelitian yang tediri atas tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan evaluasi serta refleksi tindakan. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 20 siswa kelas VI SD. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan tes. Tes yang digunakan adalah tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur pencapaian belajar setelah mempelajari materi mata pelajaran IPS yang telah diberikan. Data yang didapatkan dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif yaitu dengan mencari nilai rata-rata siswa, persentase daya serap, dan persentase ketuntasan belajar. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1330, rata-rata 67, daya serap 67%, ketuntasan belajar 70%) dan siklus II (jumlah 1590, rata-rata 80, daya serap 80%, ketuntasan belajar 95%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 13% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 25%. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VI SD secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

References

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010

Amin, T. A., Yahya, M., & Caronge, M. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membiakkan Tanaman Secara Vegetatif pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 4(2), 73. https://doi.org/10.26858/jptp.v4i2.6614. DOI: https://doi.org/10.26858/jptp.v4i2.6614

Aulia, N. I., & Handayani, H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Mellaui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(3), 116. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1475. DOI: https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1475

Fahreza, F., & Husna, N. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 4(2), 37–48. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1A), 85–91. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459

Febriana, S. G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Keterampilan Collaborative Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15414. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15414

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966

Hamdani, M., Mawardi, S., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778

Harahap, S. E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar PPKN melalui Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Siswa Kelas 5 SD NEGEri 164525 Tebing Tinggi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 101–109. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10378. DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10378

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–73. https://doi.org/10.36706/fpbio.v5i1.7049.

Ismah, Z., & Ernawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82–85. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/126.

Junisa, A., Marli, S., & Margiati, M. (2018). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar IPS di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(6). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i6.26052.

Karini, N. W., Agung, A. A. G., & Citra Wibawa, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Seting Lesson Study terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 86. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24881. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24881

Larasati, D. A., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2020). Pengaruh Media Peta Berbasis Konstruktivistik terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah dasar. Jurnal Unma, 3(1), 53–63. http://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2091. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v3i1.2091

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116–126. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785. DOI: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785

Mawardi, H., Wardani, W., & Krisma. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319

Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p158.

Miran, M. A., & Tampubolon, B. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Kerja Kelompok Kelas V SDN 09 Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 7(3), 1–16. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/ article/view/24635/75676576162.

Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533. DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533

Nata, I. G. H., & Sujana, I. W. (2020). Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS. Tscj: Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 91–98. https://doi.org/ 10.23887/tscj.v3i2.32219. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.32219

Nurhasanah, A. (2016). Penggunaan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS bagi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.670.

Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Media Komik Digital pada Pembelajaran IPS Siswa SDN 02 Kelas III Kab.Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 1(1), 1–11. https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR/article/view/15.

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pembelajaran IPS dan PPKn, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.15294/harmony.V2I1.19965.

Salam, R. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Harmony, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.15294/harmony.v2i1.19965.

Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174. https://journal.upi.edu.

Setyowati, R., & Fimansyah, W. (2018). Upaya Peningkatan Citra Pembelajaran IPS Bermakna di Indonesia. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544. DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.544

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195. https://doi.org/ 10.17977/jptpp.v2i9.9936.

Syafruddin, M. A., & Herman, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Group Tournament) terhadap Kecerdasan Emosi Siswa MAN 2 Makassar. Jendela Olahraga, 5(1), 52. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4267. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4267

Tariani, N. K. (2018). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14219. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14219

Ulfia, T., & Irwandani, I. (2019). Model Pembelajaran Kooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4220. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.4220

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.606. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.606

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825

Issue

Section

Artikel