Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • I Gede Kertya SD Negeri 2 Kaliasem, Banjar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45873

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Penjasorkes

Abstract

Hasil belajar penjasorkes pada pembelajaran gerak dasar yang dicapai siswa masih rendah, nilai hasil belajarnya masih ada yang di bawah standar ketuntasan belajar minimal.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar penjasorkes siswa kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 23 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar penjasorkes mengalami peningkatan, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1667, rata-rata 72, daya serap 72%, ketuntasan belajar 57%) dan siklus II (jumlah 1878, rata-rata 82, daya serap 82%, ketuntasan belajar 91%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 9% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 35%. Kesimpulan penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SD dapat meningkatkan hasil penjasorkes. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi serta mencoba secara langsung.

References

Ayatullah, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Nyata pada Kelas IV SDN 3 Sepit Tahun Pelajaran 2017/2018. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 61 – 82. https://doi.org/10.36088/fondatia.v2i2.127. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v2i2.127

Dapiha, D. D. (2019). “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 11 Ujan Mas.” Jurnal PGSD, 12(1), 22–27. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.22-27

Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60. DOI: https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175

Khoiro, D. M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Role Playing dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3352 – 3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1359. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1359

Lestari, K. R. (2013). Model Pembelajaran Koperatif STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/333.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Praktikum Dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 354 – 362. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6161.

Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Journal of Physical Education and Sports Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati Abstrak. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204.

Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270–277. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974

Susiyanti, E. (2017). Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Nyata untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Struktur Akar Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Tebatkarai Kabupaten Kepahiang. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 18–21. https://doi.org/10.1016/j.addr.2018.07.012. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.18-21

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Wulandari, M., Asmawi, M., & Karnadi, K. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1706–1717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965

Wyn, N., Asriningsih, N., Sujana, I. W., Ayu, I. G., & Sri, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. 26(2), 260–267. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Kertya, I. G. (2022). Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 440–445. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45873