Dampak Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • I Gede Kertya SD Negeri 2 Kaliasem, Banjar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45856

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Penjasorkes

Abstract

Pendidikan penjasorkes cenderung dilakukan dengan berpusat pada guru, sehingga aktifitas serta hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar Penjasorkes melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Tiap-tiap siklus penelitian terdiri atas empat tahap yakni rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas VI SD yang berjumlah 23 orang, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi dengan instrument penelitian berupa lembar observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata hasil belajar, tingkat daya serap, serta analisis terhadap tingkat ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Penjasorkes dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara prasiklus ((jumlah 1350, rata-rata 59, daya serap 59%, ketuntasan belajar 13%), siklus I (jumlah 1567, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 48%) dan siklus II (jumlah 1942, rata-rata 84, daya serap 84%, ketuntasan belajar 96%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 16% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 48%.

References

Anisensia, T., Bito, G. S., & Wali, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–69. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.351.

Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41.

Azis, R. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44. https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4932.

Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832.

Deffri, A., & Supriyanto. (2019). Tinjauan Metode Mengajar Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Mata Pelajaran Penjasorkes. Jurnal Kesehatan Jasmani, Kesehatan Rekreasi, 1(2), 9–25. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/e-SPORT/article/view/2195.

Faozi, F., Sanusi, H., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu. Physical Activity Journal, 1(1), 51. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2001.

Giartama, Hartati, Destriani, & Victoriand, A. R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Sebatik, 1(1), 167–171. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/334.

Gingga, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(2). https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.648.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S., & Putri, P. D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p246-253.

Kurniawan, M. S., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2021). Animasi Infografis Bahaya Merokok Mata Pelajaran Penjasorkes. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 138–147. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p138.

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.

Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268.

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287.

Pahliwandari, R. (2020). Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas VIII SMP 04 Kecamatan Sungai Kakap. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 87. https://doi.org/10.25157/jkor.v6i2.4933.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Purwaningsih, S. (2018). Pengaruh Keaktifan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Turunan Fungsi Pada Siswa Kelas XI IS 2 SMA N 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 63. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.63-67.

Raharjo, S. B. (2018). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774.

Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173–3180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.860.

Saputra, G. Y., & Aguss, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.797.

Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sisiwa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 865–870. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar .v4i1.1754.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Kertya, I. G. (2022). Dampak Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 410–416. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45856