Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan IPS) Siswa Kelas V

Authors

  • Ni Luh Aryani SD Negeri 5 Panji, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49466

Keywords:

Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa, dan kurangnya keaktifan siswa dalam bidang studi IPS siswa kelas V. Hal ini disebabkan kurangnya minat dan perhatian siswa terhadap mata pelajaran IPS, gairah belajar siswa berkurang yang berakibat pada menurunnya hasil belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dampak model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar tematik (Muatan IPS) siswa kelas V. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SD yang jumlahnya 24 orang, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu prasiklus sebesar 62,08% yang tergolong kurang, siklus I sebesar 70,00% yang tergolong cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 78,75% yang tergolong baik. Maka, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan IPS) siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan memberikan pengalaman belajar yang telah berhasil meningkatkan hasil belajar selalu dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

References

Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355.

Budiastana, P. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Kognisi dan Keterampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12782.

Dini, J. P. A. U. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566–1576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911.

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382.

Eryani, N. H. zain; I. C. S. R. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.

Firdaus, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(1), 96–104. https://doi.org/10.31571/saintek.v5i1.255.

Havizul, H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Menggunakan Model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283–297. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202.

Imtikhanah. (2022). Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisionspada Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Education Action Research, 6(2), 259–268. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45879.

Juniantoro, F. D., & Abbas, N. (2018). Hubungan Teman Sebaya Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal, 7(3), 29–38. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.25484.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2332.

Lisbiyaningrum, I., & Wulandari, W. (2019). Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 6(2), 161–168. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v6i2.276.

Marheni, Sujana, & Putra, S. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas V SD no. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1438.

Ningsih, N. L. P. R., Darsana, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Korelasi Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3), 202–209. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21097.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Prayitna, R. S. H. (2018). Pembelajaran STAD meningkatkan motivasi dan prestasi belajar memprogram mesin CNC. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 124–133. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3391.

Pryanti, W., & Nasrudin, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Metode Blended Learning pada Materi Laju Reaksi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 508–515. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.508-515.

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Di SD INPRES Ende 14. Mimbar PGSD, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983.

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021a). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873.

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021b). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873.

Setiawan, D., Selvyana, K., Hidayat, A., & Rahmadani, N. K. A. (2022). Powerpoint Interaktif Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1201–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2183.

Sihombing, I. L., Simarmata, E. J., Mahulae, S., & Silaban, P. J. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3974–3979. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1010.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wau, M. P. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sdi Bajawa Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 1(4), 239. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12860.

Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 716–725. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562076.

Wulandari, S., Marhadi, H., & Antosa, Z. (2017). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus III Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Joyful Learning Journal, 6(3), 1–11. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i3.15207.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Aryani, N. L. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan IPS) Siswa Kelas V . Journal of Education Action Research, 6(3), 348–353. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49466