Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52105Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Hasil Belajar, PKnAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Perlu guru kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 33 orang siswa.Pengumpulan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar. metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran PKN melalui melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dinyatakan meningkat, dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 2325, rata-rata sebesar 70, daya serap sebesar 70%, ketuntasan belajar sebesar 58%) dan siklus II (jumlah 2570, rata-rata sebesar 78, daya serap sebesar 78%, ketuntasan belajar sebesar 91%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan Siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata 8% dan kenaikan ketuntasan belajar sebesar 33%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SD dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Impikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
References
Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Arjuniwati. (2019). Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.197. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v1i3.11932
Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. . G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 199. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677
Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517. DOI: https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3224
Desvianti, D., Desyandri, D., & Darmansyah, D. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran PKN dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1201–1211. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.504. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.504
Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275
Fitri, R., Neviyarni, N., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Pkn Dengan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 183–193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322
Hadiyanti, R., Kusni, & Suhito. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. UNNES Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.262.
Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.801.
Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan Di SDN 4 Sumberrejo Kab. Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 – 194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940
Kadek Widiasih. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Siswa Kelas XAP1 Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/754.
Kurnia, V. T., & Damayani, A. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together ( NHT ) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772
Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160
Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331
Maharani, N. (2016). Peningkatan hasil belajar pkn melalui model pembelajaran numbered head together (NHT) bagi siswa kelas VI SDN 4 ngraho kedungtubun blora semester 1 tahun 2015/2016. Elementary School 3, 3(2), 195–215. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v3i2.578.
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146
Mudana, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(1), 86–94. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31806. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31806
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) terhadap hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Mulyati, T., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2021). Pembelajaran Interaktif Melalui Media Komik Sebagai Solusi Pembelajaran Dimasa Pandemi. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.25134/PEDAGOGI.V8I1.4054.
Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954.
Pendy, A., & Mbagh, H. M. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542
Purnama, S., Pitaloka, A., & Maharani, I. P. (2020). The Effectiveness of Somatic , Auditory , Visualization , and Intellectually and Numbered Head Together Learning Models Against Students ’ Mathematical Problem Solving Capabilities. Jurnal Matematika, 3(2), 175–182. https://doi.org/10.24042/djm.
Putriani, N. P. D., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. wayan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Masalah Sosial Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10887.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791. DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791
Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927
Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285
Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38900
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
SY, N., Corebima, A., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1993—1998-1998. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7310.
Syafaren, A., Yustina, Y., & Mahadi, I. (2019). Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing Dengan Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Natural Science and Integration, 2(1). https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7109. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7109
Tusyana, E, & Luciana, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pkn. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812.
Tusyana, Eka, & Luciana, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pkn. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812
Witari, I. G. A., Putri, M., & Rati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7445. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.1.1.a2007
Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(6), 5462–5471. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1638
Yenni, R. F. (2016). Metode Numbered Head Together ( NHT ) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 263–267. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006.
Zulfana, F., Purwadi, & Mudzanatun. (2020). Pengaruh Model Nht Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd N 02 Ujung Pandan Jepara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.474.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Ketut Tambun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.