Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar PKn

Authors

  • I Ketut Mudana SD Negeri 8 Tianyar Barat

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31806

Keywords:

Hasil Belajar, Numbered Head Together

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester ganjil SD Negeri 8 Tianyar Barat pada mata pelajaran PKn tahun pelajaran 2017/2018. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif berupa hasil belajar yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan hasil belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari rata-rata awal 58,25 dengan ketuntasan belajar 30% pada siklus I meningkat menjadi 66,25 dengan ketuntasan belajar 65% dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 75,25 dengan ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model koorperatif mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 8 Tianyar Barat.

References

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Erfan, M., Sari, N., Suarni, N., Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 108-118. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.588.

Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.942.

Hadiyanti, R. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.262.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96. https://www.academia.edu/download/35968572/8-Ghullam_Hamdu1.pdf.

Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01). http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/download/218/201.

Juhji, J. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika, 10(01), 51-62. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/73.

Kholis, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Islam Unggulan Miftahul Ulum Bandar Sribhawono Lampung Timur TP. 2015/2016). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 69-88. https://doi.org/10.25217/ji.v2i1.76.

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/169.

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357-368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.

Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4). http://www.e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7529.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Rahayu, S., & Suningsih, A. (2018). The Effects of Type Learning Model Numbered Head Together and Think Pair Share. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 19-21. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.27.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumiati, S. (2018). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145-164. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1599.

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-139. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.34.

Trianto, (2009). Mendesain Pembelajaran Kooperatif-Progresif. Prenada Media.

Wahyuningsih, D., & Murwani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Implementasi Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 65-71. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7237.

Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, dan Aktor Sosial. The Journal of Society and Media, 1(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10.

Yanti, K. D., Parmiti, D. P., & Suwatra, I. I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7445.

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2). http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006.

Downloads

Published

2021-02-05

How to Cite

Mudana, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(1), 86–94. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31806

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.