Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak Usia Dini Dengan Menerapkan Metode Belajar Bermain Berbantuan Media Weather Wheel

Authors

  • Made Diana Sintia Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Anak Usia Dini, Kemampuan Kognitif, Tanggung Jawab Belajar

Abstract

Masih rendahnya sikap tanggung jawab yang dimiliki oleh beberapa anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh media weather wheel terhadap kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar anak usia dini. Penelitian ini termasuk eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian yaitu seluruh anak TK B yang berjumlah 140 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data menggunkan tes. Instrumen pengumpulan data dengan lembar tes. Tenik analisis yang digunakan adalah MANOVA. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, terdapat pengaruh siginifikan pada kemampuan kognitif antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibelajarkan media weather wheel. Kedua, terdapat pengaruh siginifikan pada tanggung jawab belajar antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibejarkan media weather wheel. Ketiga, terdapat pengaruh siginifikan pada kemampuan kognitif dan tanggung jawab belajar secara simultan antara anak yang dibelajarkan dengan media weather wheel dan anak yang tidak dibejarkan media weather wheel. Disimpulkan bahwa Metode Belajar Bermain Berbantuan Media Weather Wheel dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan tanggung jawab anak usia dini.

Published

2024-08-15

How to Cite

Sintia, M. D., I Wayan Widiana, & I Gede Astawan. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Tanggung Jawab Belajar Pada Anak Usia Dini Dengan Menerapkan Metode Belajar Bermain Berbantuan Media Weather Wheel. Journal of Education Action Research, 8(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/82439