Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penanganan Barang Bawaan Tamu Melalui Model Cooperatif Learning dengan Teknik Bermain Peran (Role Play)

Authors

  • Ni Nyoman Wirati SMK N 1 Mas Ubud

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28505

Keywords:

Cooperative Learning, bermain peran (role play), aktivitas dan hasil belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan Model Cooperatif Learning dengan teknik bermain peran (role play) dalam pembelajaran Front Office dalam penanganan barang bawaan tamu dengan subjek penelitian kelas XII yang berjumlah 36 orang. Langkah ini diperlukan mengingat aktivitas dan hasil belajar relatif rendah. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data aktivitas belajar siswa direkam dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes di setiap akhir siklus. Dari data hasil observasi pada siklus pertama dan kedua diperoleh aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,00%. Data hasil belajar dari siklus pertama ke siklus kedua juga mengalami peningkatan sebesar 8,11%. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini bisa terjadi mengingat penerapan model cooperatif learning dengan teknik bermain peran (role play) menuntun siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dalam melakukan peran sehingga menemukan konsep baru. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran cooperatif learning dengan teknik bermain peran (role play) dalam pembelajaran merupakan strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

References

Adha, Maulana Amirul. 2019. Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia . Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 3, no. 2, November 2019. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33-42. https://media.neliti.com/media/publications/278080-peningkatan-pembelajaran-pkn-dengan-pene-2358075c.pdf

Ariyanto, Metta. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble . Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, Desember 2016. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844

Dewi, T. A. (2017). Efektivitas Model Role Playing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1). http://dx.doi.org/10.24127/ja.v5i1.850

Djihadah, Nuryati . 2020. Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah . Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 5, Nomor 1, Mei 2020. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-01

Fauzi, A. Z. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Keputusan Bersama Melalui Model Mind Mapping Yang Divariasi Dengan Role Playing Di Kelas V SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Paradigma, 9(2). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2802

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199

Husada, A., Untari, M. F. A., & Tsalatsa, A. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa. Journal of Education Action Research, 3(2), 124-130. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i2.17268

Iskandar, R. (2017). Menigkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Metode Role Playing di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(02). https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.102

Monawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No.4, Oktober 2016. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7537

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Mahluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611-620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Sholichah, Aas Siti . 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an . Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07/No.1, April 2018. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016. DOI : 10.24269/dpp.v4i1.56

Utami, A. D., & Setyawan, D. (2018). Penerapan Model Role Playing Berbantuan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 18-23. https://doi.org/10.33084/tunas.v4i1.496

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 81-86. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.87

Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea) . Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250

Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol Xvii, Edisi April 2013. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Wirati, N. N. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penanganan Barang Bawaan Tamu Melalui Model Cooperatif Learning dengan Teknik Bermain Peran (Role Play). Journal of Education Action Research, 4(4), 400–406. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28505