Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning

Authors

  • Ni Made Sunilawati SD No. 4 Sibangkaja, Badung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40572

Keywords:

Cooperative Learning, Prestasi Belajar, PKn

Abstract

Masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional saat melaksanakan proses pembelajaran dan masih kurangnya kemampuan guru dalam mengevaluasi materi yang telah disampaikanmenyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas VI melalui penerapan metode Cooperative Learning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD yang berjumlah 34 orang, terdiri atas 15 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang diperoleh/dikumpulkan berupa data yang langsung tercatat selama pembelajaran di kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil temuan menunjukkan nilai rata-rata klasikal yang dicapai pada data awal adalah 68,24 dengan ketuntasan yang dicapai 65%, meningkat pada siklus I menjadi 76,47 dengan ketuntasan yang dicapai 76% dan nilai rata-rata klasikal yang dicapai siklus II yaitu 84,12 dengan ketuntasan 100%. Maka, metode Cooperative Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas VI semester I SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 27 – 31. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.206.

Ayala, A. P. (2021). A Learning Design Cooperative Framework to Instill 21st Century Education. Telematics and Informatics, 62. https://doi.org/10.1016/j.tele.2021.101632.

Daryanti, D., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 484–490. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368.

Diana Sari, N. L. S., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana terhadap Hasil Belajar PKn. Journal of Education Technology, 3(2), 49. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701.

Harni, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 7(2), 108–114. https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2503.

Haromain, Tamba, W., & Suarti, ni ketut alit. (2020). Kemitraan Sekolah dengan Orang Tua dalam Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring). Jurnal Transformasi, 6(2), 82–88. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/3311.

Hasibuan, H. A., & Indonesia, U. P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan : Internalisasi Nilai Toleransi untuk Mencegah Tindakan Diskriminatif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaran, 9(2), 440–453. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34146.

Hasri, H. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran PKn SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 109–114.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.

Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3344.

Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744.

L.E., E. P. (2018). Cooperative Learning dengan Model TGT (Teams Games Tournament) Materi Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2:), 85–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88.

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.

Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735.

Mariyana, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA tentang Tata Surya melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) bagi Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 787–792. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54403.

Meng, D., & Zhang, J. (2021). Cooperative Learning for Switching Networks with Nonidentical Nonlinear Agents. IEEE Transactions on Automatic Control, 66(12), 6131–6138. https://doi.org/10.1109/TAC.2021.3059791.

Murni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Model Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 284. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2105.

Novion, Z. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing dalam Permainan Sepak Bola. Journal Sport Area, 3(1), 87 – 93. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1412.

Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., & Cahaya, I. M. E. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 281–292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496.

Prabaningrum, & Putra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.

Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6957.

Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452–458. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640.

Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.885.

Putu, N., Sp, S., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2016). Hubungan antara Prestasi Belajar dan Peranan Orang Tua Serta Interaksi Teman Sebaya Mata Pelajaran PKn. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7465.

Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(02), 124. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653.

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik di SD INPRES Ende 14. Mimbar PGSD, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983.

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 4(1), 1–7.

Sari, M. K. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(2), 113–144. https://doi.org/10.25273/pe.v4i02.313.

Septiningtyas, R. P., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Dionasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis pada Tema 9 Siswa Kelas IV SD N Solowire. Jurnal Basicedu, 3(2), 414 – 421. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.20.

Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.

Suwela, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653.

Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1408.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Sunilawati, N. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning. Journal of Education Action Research, 6(1), 41–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40572