Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Sutini SD Negeri 1 Temukus, Banjar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45862

Keywords:

Kooperatif, Course Review Horay, Hasil Belajar, Tematik

Abstract

Pembelajaran tematik belum berlangsung dengan optimal dengan berbagai alasan. Guru masih belum mendapatkan sosialisasi tentang pembelajaran tematik dengan optimal. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi model pembelajaran kooperatif tipe course review horay untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas III yang berjumlah 43 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan tes hasil belajar. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada siswa kelas III dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 2925, rata-rata 68, daya serap 68%, ketuntasan belajar 63%) dan siklus II (jumlah 3290, rata-rata 77, daya serap 77%, ketuntasan belajar 93%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 9% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 30%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada siswa kelas III SD dapat meningkatkan hasil belajar Tematik. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe course review horay.

References

Arsani, N. W., Putra, D. B. K. N. S., & Ardana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 183–191. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15957

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32

Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 43–53. http://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/90.

Dewi, A. I. D. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14217. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14217

Dini, J. P. A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382

Hayati, M. (2021). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman untuk TK/RA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 457–472. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.938

Kariadnyani, K. E., Kd Suartama, I., Sumantri, M., Pendidikan Guru, J., Dasar, S., & Pendidikan, J. T. (2016). Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7467.

Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898.

Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146

Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 1(1), 190–197. https://doi.org/10.24331/ijere.518053. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518053

Mutiara, F. B., Komikesari, H., & Asiah, N. (2019). Efektivitas Model Kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 116–122. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3980. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3980

Nafi, I., Muakibatul, H., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 901–904. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6300.

Naharir, R. A., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD. Mimbar PGSD, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.702

Ningsih, S. R., Miaz, Y., & Zikri, A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1065 – 1072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203

Novera, Daharnis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349–6356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1723

Pratama, G. H. A., Renda, N. T., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. Mimbar Ilmu, 23(1), 128–136. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16402

Pujayanti, P., Murda, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Munduk. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1341.

Satya Dewi P, T. I. M., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Bermediakan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18520. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18520

Setiawan, A. R. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35

Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 194 – 199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.101. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.101

Sri Antari, N. L. G., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Prespektif Teori Belajar Kontruktivis. Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/632. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Sutini, N. M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 526–532. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45862