Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa

Penulis

  • Anugerah Husada Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang
  • Ahmad Nashir Tsalatsa Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17268

Abstrak

Tujuan yang hendak dalam penelitian  ini adalah 1) Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan  metode bermain peran, 2) Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan pembelajran bahasa indonesia dengan metode bermain peran, 3) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode bermain peran. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan.  Subjek penelitian  adalah  guru dan seluruh  peserta didik kelas IV  SDN 02 Gidangelo tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 29 peserta didik kelas IV dengan menggunakan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan perolehan nilai keterampilan berbicara. Pada pratindakan nilai rata-rata 65,80 dan jumlah ketuntasan peserta didik sebesar 31%. Lalu pada siklus I diterapkan metode bermain peran memperoleh nilai rata-rata 75,86 dan jumlah ketuntasan peserta didik sebesar 62%. Artinya, penggunaan metode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik, akan tetapi hasil yang diperoleh belum melampaui target yang ditentukan peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,77 dan jumalh ketuntasan peserta didik sebesar 72%. Kesimpulannya bahwa metode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik.

Referensi

Anas, Sudijono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdikbud. 1995/1996. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Febrisma, N., 2013. Upaya Meningkatkan Kosakata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan (PTK kelas DV di SLB Kartini Batam). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1, pp.2-120.

Haryadi dan Zamzami. (1996/1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta : Dirjen Dikti.

Kencana, Wayan Nur. 2008 Evaluasi Pendidikan. Surabaya: PT Usaha Nasional.

Ngatiyo, dkk. 2013. Penerapan Metode Bermain Peran pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Ningsih, S., 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(4).

Permendiknas No. 41 Tahun 2007. standar proses. Jakarta. Permendiknas.

Pranowo, D.J., 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian dan Kerja Sama pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa: Menyibak Kurikulum 1984. Yogyakarta: Kanisius.

Reinny, Leinna Mega 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pembagian Dua Angka Melalui Metode Bermain Peran. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Rosnita dkk. 2013. Peningkatan aktivitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam metode Bermain Peran. Pontianak: universitas tanjungpura.

Siregar, Sofyan. 2011. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siska, Y., 2011. Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1).

Supardi dan Suhardjono. 2015. Penelitian tindakan kelas / Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi ; editor, Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsuddin, A.R. 1986. Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta.

Tarigan, Henry. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. 1991. Metodologi Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Wicaksono, G., 2013. Penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X multimedia SMK IKIP Surabaya. Jurnal BK UNESA, 1(1).

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diterbitkan

2019-04-10

Cara Mengutip

Husada, A., Asri Untari, M. F., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa. Journal of Education Action Reseach, 3(2), 124–130. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17268

Terbitan

Bagian

Artikel