Upaya Peningkatan Hasil dan Aktivitas Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Limit Fungsi

Authors

  • Siti Fadilah Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44293

Keywords:

Think Pair Share, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran matematika masih dianggap sulit oleh siswa. Hal ini menyebabkan hasil dan aktivitas belajar siswa menurun. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil dan Aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share. Subjek penelitian berjumlah 26 orang, obyek penelitian peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi komparatif dengan membandingkan hasil belajar pada kondisi awal dengan hasil belajar yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskripsi kualitatif dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,4 yaitu dari 72,65 pada siklus I menjadi 80,05 pada siklus II dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 orang (85%); 2) terjadi peningkatan rerata aktivitas belajar sebesar 32,5%, yaitu dari 45% pada siklus I menjadi 77,5% pada siklus II. Model pembelajaran Think Pair Share terbukti dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi Limit Fungsi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi limit fungsi, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Azizah, A. A. M., & Mashar, A. (2021). Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(1), 54–64. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i2.3329.

Chiu, T. K. F., & Churchill, D. (2016). Adoption of Mobile Devices in Teaching: Changes in Teacher Beliefs, Attitudes and Anxiety. Interactive Learning Environments, 24(2), 317–327. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1113709.

Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789.

Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310–318. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah. (2019a). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 10(1), 68 – 77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019b). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Jurnal, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822.

Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744.

Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 17 – 27. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.

Ladimiyanto, A. (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI dan TPS terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 110–125. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9073.

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.

Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Numbered-Heads-Together (NHT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016.

Masliani, S. (2018). Peningkatan Intelegensi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Fungsi Logaritma Menggunakan Model Quantum Learning. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 70 – 81. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a7.

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218 – 226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644.

Murni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Model Pembelajaran PKN melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 284. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2105.

Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe Think, Pair, and Share terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(02), 124. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653.

Rufaidah, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dengan Media LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII-B Mts Al-Ma’Arif Bocek Karangploso Tahun Pelajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2621.

Sulianto, J., Purnamasari, V., & Febriarianto, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V (Lima) Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Internasional Journal of Elementary Education, 3(2), 124–131. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18515.

Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.

Suwela, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653.

Toropova, A., Myrberg, E., & Johansson, S. (2021). Teacher Job Satisfaction: The Importance of School Working Conditions and Teacher Characteristics. Educational Review, 73(1), 71–97. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247.

Triwulandari, D., Wati, M., & Miriam, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Tipe Pair Checks. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 99–108. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2816.

Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1408.

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Fadilah, S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil dan Aktivitas Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Limit Fungsi. Journal of Education Action Research, 6(1), 22–29. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44293