Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMK selama Pandemik Covid-19

Penulis

  • Sri Sulastri Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Wonosari, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.47280

Kata Kunci:

Aktivitas belajar, Hasil belajar, Metode resitasi

Abstrak

Siswa masih mengalami kesulitan memahami tentang kompetensi dasar jurnal penyesuaian dan neraca lajur. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa SMK selama pandemik Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK model Kemmis dan McTaggart. Siklus penelitian sebanyak 2 kali dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian melibatkan 36 orang siswa perempuan kelas 11 sekolah menengah kejuruan. Metode pengumpulan data dengan tes. Instrument yang digunakan meliputi soal tes pengetahuan, lembar aktivitas guru dan siswa. Data hasil belajar dan aktivitas guru dan siswa dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan siswa meningkat dari 85.28 pada siklus 1 menjadi 92 pada siklus 2. Jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 88.9% pada siklus 1 menjadi 100.0% pada siklus 2. Rata-rata aktivitas guru meningkat dari 69.05% (Cukup Baik) pada siklus 1 menjadi 79.76% (Baik) pada siklus 2. Sedangkan Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 73.30% (Cukup Baik) pada siklus 1 menjadi 80.80% (Baik) pada siklus 2. Maka, metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Referensi

Al Halik, & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 3(2), 131–141. https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i2.1887.

Alawiyah, S. (2021). Metode Resitasi dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Teks Editorial di Masa Pandemi Covid 19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.264.

Ardiani, L. ardian. (2019). Kajian Metode Discovery Learning Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa SD Rima. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 104. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927.

Ariasmini, N. (2019). Penerapan Metode Resitasi Dalam Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Akuntansi 1 Di SMK Negeri 1 Tejakula Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 397–407. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20062.

Baitu, M., & Pane, L. A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Resitasi/Penugasan dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batu Atas. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(1), 48–62.

Dewi, E. S., Hobri, & Kristiana, A. I. (2015). Penerapan Metode Resitasi Dengan Media LKS Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII E Smp Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Kadikma, 6(3), 1–12. https://doi.org/10.19184/kdma.v6i3.3471.

Eghbaria-Ghanamah, H., Ghanamah, R., Shalhoub-Awwad, Y., & Karni, A. (2021). Recitation as a structured intervention to enhance the long-term verbatim retention and gist recall of complex texts in kindergarteners. Journal of Experimental Child Psychology, 203, 105054. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2020.105054.

Hutagalung, A. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Laporan Keuangan di Kelas X Akuntnasi SMK Swasta Kampus Padangsidimpuan. JURNAL MISI, 2(3), 37–44.

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 47–55. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/575.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Kiswanso, H., & Suparmin, S. (2016). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Siswa Kelas X TPD SMK Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Taman Vokasi, 4(1), 93–100. https://doi.org/10.30738/jtvok.v4i1.356.

Kurniawati, E., & Aththibby, A. R. (2014). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pasar Dengan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.24127/jpf.v2i1.116.

Lesmana, A., & Aminatun, T. (2019). Keefektifan Model Problem Posing Dipadu Metode Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(5). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12414.

Linawati. (2017). Pengaruh Implementasi Problem Based Learning Aplikasi Metode Resitasi terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Mata Kuliah Auditing. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 534 – 543. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.102.

LusdenSamosir. (2021). Implementasi Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD). CAKRAWALA ILMU Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 45–53.

Martati, Y. (2020). Prestasi Belajar Akuntansi Dengan Metode Resitasi Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Kelas Xi Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Rengat. Journal of Education Informatic Technology and Science, 2(3), 35–44. https://doi.org/10.37859/jeits.v2i3.1880.

Mawardi, F. (2021). PELAKSANAAN METODE RESITASI PADA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER TANGGUNGJAWAB. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 375–392. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.233.

Noor, N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI dan TPS) dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang). Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Jakarta, 11(1), 1–11.

Nurhayati, N. (2016). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 2 Panau Pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(11), 108474. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i2.2946.

Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2631.

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction Using A Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332.

Rumiati, E. (2020). Penggunaan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu Tentang Letak Geografis dan Koordinat Negara Asean. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 211–222. https://doi.org/10.3799/dqkx.2014.053.

Santoso, D. (2013). Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Metode Resitasi Pra-Pembelajaran. Dinamika Pendidikan, 8(1), 59 – 68. https://doi.org/10.15294/dp.v8i1.4901.

Sari, D. A., Kantun, S., & Djaja, S. (2019). Penerapan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 109–115. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10429.

Sidiq, M. A. H., & Ibad, T. N. (2018). Penerapan metode resitasi dan Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan kognitif Siswa pada Aplikasi Pembelajaran Tematik di Kelas III MIS. Nurul Islam Mojosari Tahun Pelajaran 2017/2018. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 95–108. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i02.332.

Syofyan, H. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Metode Resitasi Di SD Al Azhar Syifa Budi Jakarta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 134. https://doi.org/10.21009/JPD.061.12.

Tonaiyo, H., Ilato, R., & Isa, R. (2020). Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4468.

Wahyuni, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Daring di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i2.284.

Wicaksono, M. D., Hairunisya, N., & Hadi, N. U. (2021). Pembelajaran Daring Dengan Metode Resitasi Dan Pemanfaatan Google Classroom Pada Pembelajaran IPS. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 9(2), 95–109. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v9i2.10005.

Yustini, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Menyimak Khotbah Melalui Metode Resitasi (Penelitian Tindakan Kelas IX-E SMP Negeri 3 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 6(2), 71–77. https://doi.org/10.25157/wa.v6i2.2974.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023.

Diterbitkan

2023-04-11

Cara Mengutip

Sulastri, S. (2023). Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMK selama Pandemik Covid-19. Journal of Education Action Reseach, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.47280

Terbitan

Bagian

Artikel