Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Variasi Belajar Outdoor Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Kata Kunci:
PBL, Variasi Belajar Outdoor, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstrak
Kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti kurangnya inovasi guru dalam memberkan pembelajaran berbasis masalah. Melihat hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran PBL dengan variasi belajar outdoor terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD di Gugus III. Sampel penelitian ini kelompok eksperimen yaitu siswa kelas V yang berjumlah 14 orang dan siswa kelas V yang berjumlah 15 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Berdasarkan hasil nilai signifikan pada kolom Equal variances assumed sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PBL dengan variasi belajar outdoor terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi penelitian yaitu model PBL dengan variasi belajar outdoor mendorong guru untuk menggunakan berbagai strategi pengajaran dan penilaian. Guru harus menjadi fasilitator dan pembimbing bagi siswa saat mereka belajar memecahkan masalah di alam.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ni Luh Merta Juniasih, Putu Nanci Riastini, Nice Maylani Asril
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.