Media Pembelajaran Berbasis Adaptive Mobile Learning untuk Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Mobile Learning, Anak Usia DiniAbstrak
Dalam kegiatan belajar sambil bermain anak sulit konsentrasi dan mudah teralih perhatiannya. Beberapa anak mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan temannya. Hal ini berdampak pada kemampuan sosial-emosional anak yang rendah. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis adaptive mobile learning untuk anak usia dini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen pengumpulan data dengan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,15%). Hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95,25%). Hasil uji coba perorangan 96% dan uji coba kelompok kecil (96,6%) sehingga mendapat kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis adaptive mobile learning layak digunakan dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Implikasi peelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis adaptive mobile learning yang dikembangkan dapat menstimulasi sosial-emosional pada anak usia dini.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Gusti Ayu Agung Manik Wulandari, Putu Aditya Antara, I Made Tegeh
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.