PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL TREFFINGER BAGI SISWA SMA

Authors

  • Made Juniantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742

Keywords:

perangkat pembelajaran, pendidikan karakter, model Treffinger

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh perangkat pembelajaran matematika berorientasi pendidikan karakter dengan model Treffinger yang valid untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa. Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini terdiri dari buku siswa, buku petunjuk guru, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengembangan dalam penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: 1) investigasi awal, 2) desain, 3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Tahun pertama penelitian ini dilakukan sampai pada tahap keempat. Pada tahap ini kualitas perangkat pembelajaran dilihat dari segi validitas isi dan validitas konstruk melalui penilaian dua orang validator yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk katagori sangat valid. Berdasarkan masukan deskriptif dan koreksi dari validator selanjutnya dilakukan revisi hingga dihasilkan perangkat pembelajaran dalam bentuk prototipe 2 yang selanjutnya perlu diujicoba untuk melihat kepraktisan dan keefektivan perangkat pembelajaran.

References

Anggraini, D. S. 2015. Peningkatan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientifik dengan Model Discovery Learning. Jurnal Elektronika Pembelajaran Matematika. 2(1) : 54-66.

Darminto, B. P. 2010. Peningkatan Kreativitas dan Pemecahan Masalah bagi Calon Guru Matematika Melalui Pembelajaran Model Treffinger. Makalah (dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Peningkatan Kontribusi Penelitian dan Pembelajaran Matematika dalam Upaya Pembentukan Karakter bangsa” Pada Tanggal 27 November 2010 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta: Kemendiknas.

Lickona, T. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani, Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed), London: Kluwer Academic Plubishers.

Nisa, T F. 2011. Pembelajaran Matematika dengan Setting Model Treffinge untuk Mengembangkan Keativitas Siswa. Jurnal Pedagogia. 1(1) : 35-50.

Plomp, T. 1997. Educational And Training System Design. Enschede: University of Twente, Faculty of Educational Science and Technology.

Polya, G. 1985. How to Solve it. An New Aspect of Mathematical Method, Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Pomalato, S W D 2005. Pengaruh Model Treffinger dalam Pembelajaran Matematika dalam Mengembangkan Kemampuan Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. (http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-1208105-144946/) diakses tanggal 10 Oktober 2016.

Ramlam, A.M. 2016. The Effect of Van Hiele Learning Model toward Geometric Reasoning Ability Based on Self-Efficacy of Senior High School Students. Journal of Mathematics Education. 1(2) : 62-71.

Rohaeti, I. T. 2013. Penerapan Model Treffinger Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Online Pendidikan Matematika Kontenporer. 1(1) : 23-28.

Sudrajat, A. Why Chaacte Education?. Jurrnal Pendidikan Karakter. 1(1) : 47-58.

Downloads

Published

2017-08-08

How to Cite

Juniantari, M. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL TREFFINGER BAGI SISWA SMA. Journal of Education Technology, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742

Issue

Section

Articles