PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UNDIKSHA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11743Keywords:
Perpustakaan, Pustakawan, Pemanfaatan PerpustakaanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tingkat kunjungan mahasiswa di Fakultas Pendidikan Undiksha ke perpustakaan Undiksha, 2) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang layanan pustakawan di perpustakaan Undiksha, 3) menggambarkan persepsi mahasiswa tentang kesesuaian antara materi pembelajaran yang ada dalam perpustakaan dan kebutuhan belajar mahasiswa, 4) mendeskripsikan persepsi dosen di Fakultas Pendidikan Undiksha terhadap kesesuaian bahan pembelajaran di perpustakaan Undiksha dengan kebutuhan pembelajaran, 5) mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat mahasiswa dan dosen untuk memanfaatkan Perpustakaan Undiksha. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa, dosen dan pustakawan. Mahasiswa dan dosen yang menjadi subjek penelitian ini ditentukan oleh Quota Proportional Random Sampling. Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan rekaman dokumen yang kemudian diproses secara deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menjelaskan tentang persepsi dosen dan mahasiswa tentang kualitas perpustakaan, kualitas pustakawan dan juga sistem pelayanan perpustakaan Undiksha.
References
Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metode Penelitian Pendidikan.Malang: Aditya Media Publising.
Artinah. 1991. Pelayanan Pemakaian dan Kerjasama Antar Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Ditjen Dikti
Basuki, Sulistyo. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakrta : PT Gramedia Pustaka Utama
Gretes, Frances. 2013. School Library Impact Studies: A Review of Findings and Guide to Sources.
Huda, H. Nuril. 1999. Manajemen Pelayanan Pengguna Perpustakaan. Jakarta : Ditjen Dikti
Hamakonda, Towa. P. 1987. Pembinaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Ditjen Dikti
Indris Suryana, Moh. 1994. Manajemen Staf Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Ditjen Dikti
Jasmani. 1985. Beberapa Pendekatan Alternatif ke Arah Profesionalisme Pustakawan, dalam Bunga Rampai Perpustakaan. Bandung : IKIP
Kartosedono, Soekarman dan Zulfikar Zen. 1994. Peranan Perpustakaan Anak-anak/Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Ditjen Dikti
Mangnga, A. 2015. Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jupiter. Vol. XIV (No.1)
Martono, E. 1991. Pengetahuan Dokumentasi dan Perpustakaan sebagai Pusat Informasi. Jakrta : Karya Utama
Mary Duncan, Carter dan Walace John Bonk. 1959. Building Library Collection. New York : Scarecrow
Nurhayati S. 1989. Pengelolaan Perpustakaan. Jakarta : Percetakan Alumni
Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Siregar, A. R. 2006. Perpustakaan: Energi Pembangunan Bangsa. Tersedia pada repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1682/1/979-458-206-9.pdf (diakses: 13/6/2016)
Soeatminah. 1992. Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Pustakawan. Yogyakarta : Kanisius
Sudiono, Anas. 1977.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sumardji, P. 1995. Perpustakaan : Organisasi dan Tata Kerjanya. Yagyakarta : Kanisius
Surachman, A. tt. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jogjakarta: Universitas Gajah Mada.
Tood, R. J., Gordon, C. A. & Gaver, M. 2012. School Libraries, Now More Than Ever: A Position Paper of The Center for International Scholarship in School Libraries. The Center for International Scholarship in School Libraries. Tersedia pada http://njasl.info/wp-content/NJ_study/Oct2012_ CISSL.pdf (diakses: 13/6/2016)
Undiksha. 2015. Buku Panduan Penggunaan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Undiksha
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)