PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UNDIKSHA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Authors

  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ignatius I Wayan Suwatra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11743

Keywords:

Perpustakaan, Pustakawan, Pemanfaatan Perpustakaan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tingkat kunjungan mahasiswa di Fakultas Pendidikan Undiksha ke perpustakaan Undiksha, 2) mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang layanan pustakawan di perpustakaan Undiksha, 3) menggambarkan persepsi mahasiswa tentang kesesuaian antara materi pembelajaran yang ada dalam perpustakaan dan kebutuhan belajar mahasiswa, 4) mendeskripsikan persepsi dosen di Fakultas Pendidikan Undiksha terhadap kesesuaian bahan pembelajaran di perpustakaan Undiksha dengan kebutuhan pembelajaran, 5) mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat mahasiswa dan dosen untuk memanfaatkan Perpustakaan Undiksha. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa, dosen dan pustakawan. Mahasiswa dan dosen yang menjadi subjek penelitian ini ditentukan oleh Quota Proportional Random Sampling. Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan rekaman dokumen yang kemudian diproses secara deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menjelaskan tentang persepsi dosen dan mahasiswa tentang kualitas perpustakaan, kualitas pustakawan dan juga sistem pelayanan perpustakaan Undiksha.

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metode Penelitian Pendidikan.Malang: Aditya Media Publising.

Artinah. 1991. Pelayanan Pemakaian dan Kerjasama Antar Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Ditjen Dikti

Basuki, Sulistyo. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakrta : PT Gramedia Pustaka Utama

Gretes, Frances. 2013. School Library Impact Studies: A Review of Findings and Guide to Sources.

Huda, H. Nuril. 1999. Manajemen Pelayanan Pengguna Perpustakaan. Jakarta : Ditjen Dikti

Hamakonda, Towa. P. 1987. Pembinaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Ditjen Dikti

Indris Suryana, Moh. 1994. Manajemen Staf Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : Ditjen Dikti

Jasmani. 1985. Beberapa Pendekatan Alternatif ke Arah Profesionalisme Pustakawan, dalam Bunga Rampai Perpustakaan. Bandung : IKIP

Kartosedono, Soekarman dan Zulfikar Zen. 1994. Peranan Perpustakaan Anak-anak/Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Ditjen Dikti

Mangnga, A. 2015. Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jupiter. Vol. XIV (No.1)

Martono, E. 1991. Pengetahuan Dokumentasi dan Perpustakaan sebagai Pusat Informasi. Jakrta : Karya Utama

Mary Duncan, Carter dan Walace John Bonk. 1959. Building Library Collection. New York : Scarecrow

Nurhayati S. 1989. Pengelolaan Perpustakaan. Jakarta : Percetakan Alumni

Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Siregar, A. R. 2006. Perpustakaan: Energi Pembangunan Bangsa. Tersedia pada repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1682/1/979-458-206-9.pdf (diakses: 13/6/2016)

Soeatminah. 1992. Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Pustakawan. Yogyakarta : Kanisius

Sudiono, Anas. 1977.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sumardji, P. 1995. Perpustakaan : Organisasi dan Tata Kerjanya. Yagyakarta : Kanisius

Surachman, A. tt. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jogjakarta: Universitas Gajah Mada.

Tood, R. J., Gordon, C. A. & Gaver, M. 2012. School Libraries, Now More Than Ever: A Position Paper of The Center for International Scholarship in School Libraries. The Center for International Scholarship in School Libraries. Tersedia pada http://njasl.info/wp-content/NJ_study/Oct2012_ CISSL.pdf (diakses: 13/6/2016)

Undiksha. 2015. Buku Panduan Penggunaan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Undiksha

Downloads

Published

2017-08-08

How to Cite

Yuda Sukmana, A. I. W. I., & Suwatra, I. I. W. (2017). PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN UNDIKSHA DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Journal of Education Technology, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11743

Issue

Section

Articles