MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556Keywords:
Efektivitas, IPA, Pengembangan, Permainan Ular Tangga, ValiditasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media (2) mengetahui validitas hasil pengembangan media, (3) mengetahui efektivitas pengembangan media. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, tes dan pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media permainan ular tangga dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Hasil validitas media dinyatakan valid dilihat dari review para ahli dan siswa dengan persentase ahli isi mata pelajaran 92,86%, ahli media pembelajaran 82,86%, ahli desain pembelajaran 96,66%, uji coba perorangan 95,39%, uji coba kelompok kecil 93,59%, dan uji coba lapangan 94,50%. (3) Uji efektivitas media permainan ular tangga menunjukkan bahwa hasil thitung (9,6) > ttabel (2,144). Ini berarti terdapat efektivitas media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA.
References
Afandi. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar”. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol. 1. No. 1 (hlm. 77-89).
Anggara, I Made Citra., dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV”. Internasional Journal of Elementary Education. Vol.1. No. 4 (hlm.272-280).
Darmawan, L. A.,dkk. 2019. “Pengembangan Media Pu le Susun Kotak pada Tema Ekosistem”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Volume 3, Nomor 1 (hlm.14-17).
Hidayah, Prastyaning., dkk. 2018. “Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Internasional Journal of Elementary Education. Vol.2. No. 4 (hlm. 306-310).
Martini, P. W. S., dkk. 2018. “Pengembangan Wayang Tokoh Dongeng Berbasis Pendidikan Karakter pada Pelajaran Bahasa Bali Kelas III ekolah Dasar”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2 (hlm.74-85).
Pon a, P. J. R., dkk. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2 (hlm.8-18).
Pramita, Amilia.,dkk. 2016. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 5. No. 2 (hlm. 336-344).
Purnawan, dkk. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2. No. 2 (hlm. 180-190).
Putri, N. M. L. K., dkk., 2017. “Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V di SDLB-B Negeri 1 Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018”. E-Journal Edutech, Volume 8, Nomor 2 (hlm.1- 11).
Rakhmadhani, Nuzul., dkk. 2013. “Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tuournaments Berbantuan Media Teka-teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia. Vo. 2. No. 4 (hlm. 190-197).
Suarmika, P. B. A., dkk. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Film Pendek Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Pelajaran Agama Hindu Kelas V di SD Negeri 4 Banyuning Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2 (hlm.269-280).
Sudarmika, K. B., dkk. 2018. “Pengembangan Media Ular Tangga Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2 (hlm.19-28).
Suryani, Nunuk & Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tegeh, I Made & I Made Kirna. 2010. Metode Pengembangan. Singaraja: UNDIKSHA.
Tegeh, I Made & Sri Budiartini. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Berbantuan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPA”. Internasional Journal of Elementary Education. Vol.1. No. 2 (hlm.137-144).
Tegeh, I Made., dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)