PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503Keywords:
hasil belajar, IPA, talking stickAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media question box dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media question box pada siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu dengan rancangan non equivalen post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelompok siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Tukadaya dan SDN 2 Tukadaya yang dipilih dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berbentuk instrumen pilihan ganda (objektif). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box (thitung = 6,3 > ttabel = 2,009). Dibuktikan pula oleh perbedaan skor rata-rata kelompok eksperimen yaitu 22,57 dan kelompok kontrol yaitu 15,64. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017.
References
IEA. 2015. International Science Achievement. Tersedia pada: http://timss2015.org/timss-2015/science/student-achievement/. Diakses pada tanggal 8 Februari 2017.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kurniasih, Imas & Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Lisdayanti, Ni Putu. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti”. Jurnal Mimbar PGSD: Vol. 2 No. 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD (diakses tanggal 16 Januari 2017).
Nasution, Noehi., dkk. 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan Proyek Pembina Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.
OECD. 2016. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2015. Tersedia pada: http://www.oecd.org/pisa/. Diakses pada tanggal 8 Februari 2016.
Puspitawangi, K. Rai. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa”. Jurnal Mimbar PGSD: Vol. 4 No. 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD (diakses tanggal 16 Januari 2017).
Ruhimat, Toto., dkk. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)