PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Authors

  • I.G.A.P. Anggi Seika Ayuni Undiksha
  • Nyoman Kusmariyatni Undiksha
  • I Gusti Ngurah Japa Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Keywords:

hasil belajar, IPA, talking stick

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media question box dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbantuan media question box pada siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu dengan rancangan non equivalen post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelompok siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Tukadaya dan SDN 2 Tukadaya yang dipilih dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berbentuk instrumen pilihan ganda (objektif). Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box dan kelompok siswa yang dibelajarkan bukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box (thitung = 6,3 > ttabel = 2,009). Dibuktikan pula oleh perbedaan skor rata-rata kelompok eksperimen yaitu 22,57 dan kelompok kontrol yaitu 15,64. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2016/2017.

References

IEA. 2015. International Science Achievement. Tersedia pada: http://timss2015.org/timss-2015/science/student-achievement/. Diakses pada tanggal 8 Februari 2017.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kurniasih, Imas & Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lisdayanti, Ni Putu. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 4 Baturiti”. Jurnal Mimbar PGSD: Vol. 2 No. 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD (diakses tanggal 16 Januari 2017).

Nasution, Noehi., dkk. 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan Proyek Pembina Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

OECD. 2016. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2015. Tersedia pada: http://www.oecd.org/pisa/. Diakses pada tanggal 8 Februari 2016.

Puspitawangi, K. Rai. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa”. Jurnal Mimbar PGSD: Vol. 4 No. 1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD (diakses tanggal 16 Januari 2017).

Ruhimat, Toto., dkk. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2017-11-09

How to Cite

Seika Ayuni, I. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V. Journal of Education Technology, 1(3), 183–190. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Issue

Section

Articles