PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NATURE OF SCIENCE BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16375Keywords:
Nature of Science, Media video, Hasil Belajar IPA.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berorientasi nature of science berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erangga Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen),denganrancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Erlangga Kecamatan Mendoyo. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 1 MendoyoDauhTukad dan SDN 1 Pohsanten. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berorientasi nature of science berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erangga Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (2,168) >ttabel (2,008). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (19,83) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (18,65). Dengan demikian, model pembelajaran kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berorientasi Nature of Science berbantuan media video berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erlangga Kecamatan Mendoyo. Berdasarkan hal tersebut, guru di sekolah sangat disarankan untuk menggunakan model pembelajaran berorientasi Nature of Science.References
Dewi, Ni Pt Kusuma. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi Nature Of Science Terhadap Hasil Belajar IPA siswa Kelas IV di SD Gugus V Kabupaten Buleleng. Vol. 1. Mibar PGSD. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105396&val=1342&title(diakses pada 11 Februari 2018).
Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 1 No 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jppii/article/view/2010 (diakses pada 25 Mei 2018).
Kurniawati, Yenni. 2017. Hubungan Keaktifan Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation. JIM Pendidikan Fisika. Vol. 2, No. 2. Tersedia pada http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/3053/1506(diakses pada 28 Juni 2018).
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)