PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NATURE OF SCIENCE BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Authors

  • Kadek Santika Wira Utama Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16375

Keywords:

Nature of Science, Media video, Hasil Belajar IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berorientasi nature of science berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erangga Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen),denganrancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Erlangga Kecamatan Mendoyo. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 1 MendoyoDauhTukad dan SDN 1 Pohsanten.  Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berorientasi nature of science berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erangga Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (2,168) >ttabel (2,008). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (19,83) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (18,65). Dengan demikian, model pembelajaran kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran berorientasi Nature of Science berbantuan media video berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Erlangga Kecamatan Mendoyo. Berdasarkan hal tersebut, guru di sekolah sangat disarankan untuk menggunakan model pembelajaran berorientasi Nature of Science.

References

Dewi, Ni Pt Kusuma. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berorientasi Nature Of Science Terhadap Hasil Belajar IPA siswa Kelas IV di SD Gugus V Kabupaten Buleleng. Vol. 1. Mibar PGSD. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105396&val=1342&title(diakses pada 11 Februari 2018).

Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 1 No 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tersedia pada http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jppii/article/view/2010 (diakses pada 25 Mei 2018).

Kurniawati, Yenni. 2017. Hubungan Keaktifan Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation. JIM Pendidikan Fisika. Vol. 2, No. 2. Tersedia pada http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/3053/1506(diakses pada 28 Juni 2018).

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Utama, K. S. W., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NATURE OF SCIENCE BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V. Journal of Education Technology, 2(3), 112–119. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16375

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)