PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREY

Wilfridus Muga, Bayu Suryono, Eko Lodang Januarisca

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar elektronik matakuliah strategi pembelajaran berbasis problem based learning dengan menggunakan model Dick and Carey, dan 2) mendeskripsikan kualitas hasil uji coba produk pengembangan bahan ajar matakuliah strategi pembelajaran berbasis problem based learning dengan menggunakan model Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah kurikulum matakuliah strategi pembelajaran serta pakar dan mahasiswa di STKIP Citra Bakti. Sedangkan objek yang diteliti adalah bahan ajar elektronik matakuliah strategi pembelajaran berbasis model problem based learning. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar matakuliah strategi pembelajaran ini adalah model Dick & Carey. Hasil pengembangan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil pengembangan memperlihatkan bahwa buku ajar elektronik dapat dibuat dan dikembangkan. Hasil uji ahli buku ajar elektronik yang dikembangkan dapat diketahui bahwa buku ajar elektronik yang dikembangkan menurut pada ahli ada pada kategori “sangat baik”. Sedangkan hasil uji perorangan buku ajar elektronik yang dikembangkan dapat diketahui bahwa buku ajar elektronik yang dikembangkan berdasarkan tanggapan mahasiswa, ada pada kategori “sangat baik”. Aspek yang paling tinggi menurut tanggapan mahasiswa adalah tampilan buku ajar yang dikembangkan.


Keywords


bahan ajar elektronik; problem based learning; model Dick and Carey

Full Text:

PDF

References


Prastowo, A. 2011. Pengembangan bahan ajar inovatif. Jakarta: Diva Press

Arends, R.I. 2011. Learning to teach 9th. New York: McGraw Hill Companies

Barron, L. Preston-Sabin, J. & Kennedy, D. 2013. Problem-based learning for the pre-service teacher, SRATE Journal, 22 (2), 39-46.

Birgili, B. 2015. Creative and critical thinking skills in problem-based learning environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71-80

Ciampa, K. 2012. Reading in the digital age: Using electronic books as a teaching tool for beginning reader, Canadian Journal of Learning and Technology, 38(2), 1-26

Degeng, I N.S. 2013. Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup dan Aras Media.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. 2009. The systematic design of instruction 7th Ed. United State of America: Pearson Education.

Dirjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi). 2014. Pedoman operasional penilaian angka kredit kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen. Jakarta. Kemdikbud

Dwiyogo, W.D. 2013. Media pembelajaran. Malang: UM Malang.

Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. 2014. A handbook for teaching and learning in higher education: Enhancing academic practice, 4th edition. London: Roudledge

Hamza, M. 2012. Developing training material guide. Swedish: Civil Contingencies Agency

Isman, A. 2011. Instructional design in education: New Model. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10 (1), 136-142

Jansen, C. & Merwe, P. 2015. Teaching practice in the 21st century: emerging trends, challenges and opportunities. Horizon Research Publishing. [online] melalui http/:eric.gov.ed/EJ1056080

Jones, T. & Brown, C. 2011. Reading engagement: A comparison between ebooks and traditional print books in an elementary classroom. International Journal of Instruction, 4(2), 5-23.

Kemendikbud. 2013. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Jakarta: Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Lee, W. W. & Owens, D. L. 2004. Multimedia-based instructional design: Computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance based solution (2nd ed). San Francisco: Pfeiffer A Wiley Imprint.

Molenda, M. & Januszewski, A. 2008. Educational technology, a definition with comentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Reigeluth, C.M. & Carr-Cheliman, A.A. 2009. Theories for different outcomes of instruction. Dalam C.M. Reigeluth, & A.A. Carr-Cheliman (Eds.), Instructional-design theories and models: building a common knowledge base, Vol. 3 (pp. 195-197), New York: Routledge

Wallden, S. & Makinen, E. 2013. Educational data mining and problem-based learning. Informatics in Education, 13(1), 141–156.

Williams, J.M. 2014. Is student knowledge of anatomy affected by a problem based learning approach? A review. Journal of Education and Training Studies, 2(4), 108-113.

Kitao, K & Kitao S.K. 2016. Selecting and developing teaching/learning material. The Internet TESL Journal. Diterima melalui http/:iteslj.org/Articles/ Kitao-material.html, pada tanggal 5 Mei 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863

Article Metrics

Abstract view : 4817 times
PDF file view : 6337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.