HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MEDIA MAZI (STUDI PADA SISWA SD KELAS TINGGI)

Authors

  • Wilfridus Muga STKIP Citra Bakti, NTT
  • Maria Susanti Oje STKIP Citra Bakti, NTT
  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti, NTT

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13802

Keywords:

hasil belajar, kontekstual, meda mazi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa SD kelas tinggi dengan menggunakan pembelajaran kontekstual meda mazi pada K-13 (tematik). Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan tes hasil untuk memperoleh nilai akhir pada siswa dengan menerapakan Meda Mazi. Tes tersebut disusun sesuai dengan Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran Tematik, yang telah disesuaikan dengan silabus, Buku Guru dan Buku Siswa serta karakteristik kontekstual siswa yang telah dipadukan dengan Meda Mazi. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengaitkan keadaan nyata yang dialami siswa secara alamiah. Untuk lebih mendalami keadaan kontekstual siswa Sekolah Dasar di kecamatan Golewa dan Golewa selatan Kabupaten Ngada, menerapkan Pembelajaran Kontekstual Meda Mazi, salah satu Sekolah Dasar yang sedang menerapkan Meda Mazi adalah SDI Malanuza yang sekaligus menjadi sekolah sasaran peneliti.  Meda Mazi itu sendiri berarti duduk sambil berbicara untuk bermusyawarah atau bedsiskusi. Sehingga guru dan siswa bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian penulis memperoleh hasil dengan nilai minimal rata-rata 81, peresentase rata-rata 81%, dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 25 orang/100%. Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual Meda Mazi akan memperoleh hasil kognitif nilai akhir dengan ketuntasan yang diharapkan.

References

Dasna, I W., Laksana, D.N.L., & Sudhata, I G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Menagajar. Jakarta: Bumi Aksara

Johnson, E.B. (2007). Contexstual Teaching and Learning. Bandung: Mizan

Lagong, A., Juita, E. & Laksana, D.N.L. (2017). Desain Pembelajaran Kontekstual Spirit Kearifan Lokal Medamazi untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding. 2nd Annual Proceeding, November 2017 (ISSN: 2355-5106) STKIP Citra Bakti, Bajawa, NTT.

Laksana, D.N.L & Rabu, K. (2016). Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Aktivitas Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 79-89.

Laksana, D.N.L., Degeng, I N.S. & Dasna, I W. (2017). Why Teachers Faces Misconception: A Study Toward Natural Science Teachers in Primary Schools. European Journal of Education Studies, 3(7), 667-679.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran (Edisi Kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo

Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Alfabeta

Taufiq, A. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Muga, W., Oje, M. S., & Laksana, D. N. L. (2019). HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MEDIA MAZI (STUDI PADA SISWA SD KELAS TINGGI). Journal of Education Technology, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13802

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>