HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MEDIA MAZI (STUDI PADA SISWA SD KELAS TINGGI)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13802Keywords:
hasil belajar, kontekstual, meda maziAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa SD kelas tinggi dengan menggunakan pembelajaran kontekstual meda mazi pada K-13 (tematik). Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan tes hasil untuk memperoleh nilai akhir pada siswa dengan menerapakan Meda Mazi. Tes tersebut disusun sesuai dengan Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran Tematik, yang telah disesuaikan dengan silabus, Buku Guru dan Buku Siswa serta karakteristik kontekstual siswa yang telah dipadukan dengan Meda Mazi. Pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengaitkan keadaan nyata yang dialami siswa secara alamiah. Untuk lebih mendalami keadaan kontekstual siswa Sekolah Dasar di kecamatan Golewa dan Golewa selatan Kabupaten Ngada, menerapkan Pembelajaran Kontekstual Meda Mazi, salah satu Sekolah Dasar yang sedang menerapkan Meda Mazi adalah SDI Malanuza yang sekaligus menjadi sekolah sasaran peneliti. Meda Mazi itu sendiri berarti duduk sambil berbicara untuk bermusyawarah atau bedsiskusi. Sehingga guru dan siswa bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian penulis memperoleh hasil dengan nilai minimal rata-rata 81, peresentase rata-rata 81%, dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 25 orang/100%. Berdasarkan hasil-hasil yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual Meda Mazi akan memperoleh hasil kognitif nilai akhir dengan ketuntasan yang diharapkan.
References
Dasna, I W., Laksana, D.N.L., & Sudhata, I G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Menagajar. Jakarta: Bumi Aksara
Johnson, E.B. (2007). Contexstual Teaching and Learning. Bandung: Mizan
Lagong, A., Juita, E. & Laksana, D.N.L. (2017). Desain Pembelajaran Kontekstual Spirit Kearifan Lokal Medamazi untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding. 2nd Annual Proceeding, November 2017 (ISSN: 2355-5106) STKIP Citra Bakti, Bajawa, NTT.
Laksana, D.N.L & Rabu, K. (2016). Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Aktivitas Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 79-89.
Laksana, D.N.L., Degeng, I N.S. & Dasna, I W. (2017). Why Teachers Faces Misconception: A Study Toward Natural Science Teachers in Primary Schools. European Journal of Education Studies, 3(7), 667-679.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran (Edisi Kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo
Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: PT Alfabeta
Taufiq, A. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)