PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380Keywords:
PMRI, kemampuan berpikir kreatif, Matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended pada siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post test only controlgroup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada yang berjumlah 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik randomsampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes uraian. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial (t burning dan anava satu jalur). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai efektivitas size (ES) sebesar 1,028 yang berada kedalam efektivitas tinggi (0,8< 1,7), selanjutnya f-hitung yaitu sebesar 230,598 lebih dari nilai t-tabel yang sebesar 4.03, yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan dbantar=1 dandbdalam = 50. Hal ini berarti bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended menunjukkan efektivitas tinggi dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended. Dengan demikian, pendekatan PMRI berbasis open-ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018.
References
BNSP. (2006). Draft Final Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMA dan MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Lestari, A. 2014. “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materisoal Cerita Tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat”. Jurnal Eleketronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 1- 11).
OECD. 2016. Low Performing Students: Why They Fall Behind and How to Help Them Succeed. Paris: OECD Publishing. Tersedia padahttp://dx.doi.org/10.1787/9789264250246-en. Diakses tanggal 5 Juni2018.
Putra, I G B. 2014.”Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Abang”. Jurnal Administrasi Pendidikan. Tersedia pada http://119.252.161.254/e-jurnal/index.php/jurnal_ap/article/download/1412/1086. Diakses pada 25 juni 2018.
Putra, T.T., Irwan., Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1, pp 22-26.
Siswono, E. 2007. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah Tipe What’s AnotherWay”. Laporan Penelitian. Jurusan Matematika FMIPA UNESA.
Sudiarta, I G P. 2004. Penerapan pembelajaran Berorientasi Masalah “open-ended” berbantuan LKM untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika Semester Ganjil tahun 2004/2005. Singaraja: Undiksha
Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman, H. 2004. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sri, W. 2014. “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa”. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 183-192).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)