PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • I Kadek Agus Alit Dwipayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Sujendra Diputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380

Keywords:

PMRI, kemampuan berpikir kreatif, Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended pada siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post test only controlgroup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada yang berjumlah 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik randomsampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes uraian. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial (t burning dan anava satu jalur). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai efektivitas size (ES) sebesar 1,028 yang berada kedalam efektivitas tinggi (0,8< 1,7), selanjutnya f-hitung yaitu sebesar 230,598 lebih dari nilai t-tabel yang sebesar 4.03, yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan dbantar=1 dandbdalam = 50. Hal ini berarti bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended  menunjukkan efektivitas tinggi dan  terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif Matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan pendekatan PMRI berbasis open-ended. Dengan demikian, pendekatan PMRI berbasis open-ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif  Matematika siswa kelas V SD di Gugus VII  Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018.

References

BNSP. (2006). Draft Final Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMA dan MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Lestari, A. 2014. “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materisoal Cerita Tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat”. Jurnal Eleketronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 1- 11).

OECD. 2016. Low Performing Students: Why They Fall Behind and How to Help Them Succeed. Paris: OECD Publishing. Tersedia padahttp://dx.doi.org/10.1787/9789264250246-en. Diakses tanggal 5 Juni2018.

Putra, I G B. 2014.”Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Abang”. Jurnal Administrasi Pendidikan. Tersedia pada http://119.252.161.254/e-jurnal/index.php/jurnal_ap/article/download/1412/1086. Diakses pada 25 juni 2018.

Putra, T.T., Irwan., Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1, pp 22-26.

Siswono, E. 2007. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah Tipe What’s AnotherWay”. Laporan Penelitian. Jurusan Matematika FMIPA UNESA.

Sudiarta, I G P. 2004. Penerapan pembelajaran Berorientasi Masalah “open-ended” berbantuan LKM untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika Semester Ganjil tahun 2004/2005. Singaraja: Undiksha

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, H. 2004. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sri, W. 2014. “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa”. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 183-192).

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Dwipayana, I. K. A. A., & Diputra, K. S. (2019). PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Journal of Education Technology, 2(3), 87–94. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380

Issue

Section

Articles