Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ni Kadek Juni Arthaningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Sujendra Diputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424

Keywords:

hasil belajar, two stay two stray, lesson study

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study dan kelompok siswa yang tidak mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study pada siswa kelas V SD N Penarukan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD N Penarukan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 137 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik group random sampling. Sampel penelitian yaitu 21 siswa kelas V SD Negeri 1 Penarukan sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa kelas V SD Negeri 2 Penarukan sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 5,024 > ttabel = 2,014,  sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study pada siswa kelas V di SD N Penarukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD N Penarukan.

References

Cerbin, W., & Kopp, B. (2006). Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. The International Journal of Teaching Learning In Higher Education, 18(3), 250–257. https://doi.org/10.1007/s00482-011-1114-4

Ertikanto, C., Herpratiwi, Yunarti, T., & Saputra, A. (2017). Development and Evaluation of a Model-Supported Scientific Inquiry Training Program for Elementary Teachers in Indonesia. International Journal of Instruction, 10(3), 93–108. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1037a

Fatirul, A. N. (1989). Cooperative learning, 1–80.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. Retrieved from http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/110/95

Haiq, U., Aisyah, S., Jumaliah, S., Juniyati, L., Rachmawati, D., Juariah, S., … Mafruhah, N. (2015). Lesson Study : Pengaruh Inovasi Metode-Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Materi Siswa. Didaktis, 15(1), 55–63. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/download/71/40

Herfina, H. (2015). The Application of TSTS Model in Civic Education Lesson in Improving Students ’ Learning Ability. Directory of Open Access Journals, 1(3), 337–355. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/1383

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hurd, J., & Licciardo-musso, L. (2005). Lesson Study : Teacher-Led Professional Development. Language Arts, 82(5). Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ726196

Indriyani, C. (2011). Improving The Quality of Learning Cooperative Learning Model IPS with Mechanical Two Stay-Two Stray Students in Class IV District 05 Elementary Tambakaji, Ngaliyan, City Of Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(3), 180–193. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=136852&val=5679&title=PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY-TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SD TAMBAKAJI 05 KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG

Isjoni. (2016). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Johnson, D., & Johnson, R. (1999). Making Cooperative Learning Work. Theory into Practive, 38(2), 67–73. https://doi.org/10.1080/00405849909543834

Johnson, R. T. (1994). David Johnson: A Leading Teacher of Cooperative Learning. Teaching Education, 6(2), 123–125. https://doi.org/10.1080/1047621940060215

Karlina, C. F. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Peta Pikiran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10883/6960

Lewis, C. C., Perry, R. R., & Hurd, J. (2009). Improving mathematics instruction through lesson study: A theoretical model and North American case. Journal of Mathematics Teacher Education, 12(4), 285–304. https://doi.org/10.1007/s10857-009-9102-7

Lie, A. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Mansur. (2015). Menciptakan Pembelajarn Efektif melalui Apersepsi. Retrieved from http://lpmpsulsel.kemdikbud.go.id/tulisan-327-pembelajaran-efektif-apersepsi.html

Maonde, F., Bey, A., Salam, M., Suhar, Lambertus, Anggo, M., … Tiya, K. (2015). The Discrepancy of Students’ Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science. International Journal of Education and Research, 3(1), 141–158. Retrieved from http://ijern.com/journal/2015/January-2015/13.pdf

Mayasari, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa, 102–111. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5998/102_111 DIAN MAYASARI.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 international results in mathemaitcs. Retrieved from http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/advanced/

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pangaribuan, R. (2013). Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Aktivitas Belajar Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). Retrieved from jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE/article/download/2827/1919

Phelps, R. P. (2012). The Effect of Testing on Student Achievement, 1910-2010. International Journal of Testing, 12(1), 21–43. https://doi.org/10.1080/15305058.2011.602920

PISA. (2010). PISA 2009 Results: Executive Summary. Executive Summary, 1–21. https://doi.org/10.1787/888932343342

PISA. (2016). PISA 2015 Results in Focus. Oecd, 16. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

Pratiwi, N. K. C. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7526/5148

Romas, M. Z. (2006). Pengaruh Pujian terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi-ISSN: 1858-3970, 2, 1–9. Retrieved from http://jurnal.psikologiup45.com/wp-content/uploads/2016/01/PENGARUH-PUJIAN-TERHADAP-PRESTASI-BELAJAR.pdf

Rosmaiyadi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7E Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Aksioma, 6(1), 12–19. https://doi.org/10.24127/AJPM.V6I1.722

Rustono, W. S. (2008). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menerapkan Strategi Pembelajaran melalui Lesson Study di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, (10). Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_10-Oktober_2008/Meningkatkan_Kemampuan_Mahasiswa_Menerapkan_Strategi_Pembelajaran_Melalui_Lesson_Study_Di_Sekolah_Dasar.pdf

Santia, I. (2016). Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Critical Lesson Study. Jurnal Pedaogia, ISSN 2089-3833, 5(2), 157–168. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.247

Sari, S. D. W. (2013). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dengan Media Grafis pada Matematika SD. Jurnal Pedagogi, 1(4). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1719/1056

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudarmadi, Y. (2012). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Two Stay Two Stray Dan Learning Together Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Tesis. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/503/366

Sudirtha, I. G. (2017). Membangun Learning Community dan Peningkatkan Kompetensi Melalui Lesson Study, 6(1), 28–38. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8683/6322

Sudradjat. (2008). Peranan Matematika Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Unpad. Retrieved from http://pustaka.unpad.ac.id/archives/55467

Sulisworo, D., & Suryani, F. (2014). The Effect of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. International Journal of Learning and Development, 4(2), 58. https://doi.org/10.5296/ijld.v4i2.4908

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Takahashi, A., & McDougal, T. (2016). Collaborative lesson research: maximizing the impact of lesson study. ZDM - Mathematics Education, 48(4), 513–526. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0752-x

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Ulfa, F. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3725/1/FITRIAH ULFAH-FITK.pdf

Wardana, M. Y. S., & Arumatika, N. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Kelas V Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 79–91. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.6140

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424

Issue

Section

Articles