Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424Keywords:
hasil belajar, two stay two stray, lesson studyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study dan kelompok siswa yang tidak mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study pada siswa kelas V SD N Penarukan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD N Penarukan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 137 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik group random sampling. Sampel penelitian yaitu 21 siswa kelas V SD Negeri 1 Penarukan sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa kelas V SD Negeri 2 Penarukan sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 5,024 > ttabel = 2,014, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study pada siswa kelas V di SD N Penarukan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD N Penarukan.
References
Cerbin, W., & Kopp, B. (2006). Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. The International Journal of Teaching Learning In Higher Education, 18(3), 250–257. https://doi.org/10.1007/s00482-011-1114-4
Ertikanto, C., Herpratiwi, Yunarti, T., & Saputra, A. (2017). Development and Evaluation of a Model-Supported Scientific Inquiry Training Program for Elementary Teachers in Indonesia. International Journal of Instruction, 10(3), 93–108. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1037a
Fatirul, A. N. (1989). Cooperative learning, 1–80.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. Retrieved from http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/110/95
Haiq, U., Aisyah, S., Jumaliah, S., Juniyati, L., Rachmawati, D., Juariah, S., … Mafruhah, N. (2015). Lesson Study : Pengaruh Inovasi Metode-Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Materi Siswa. Didaktis, 15(1), 55–63. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/download/71/40
Herfina, H. (2015). The Application of TSTS Model in Civic Education Lesson in Improving Students ’ Learning Ability. Directory of Open Access Journals, 1(3), 337–355. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/1383
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hurd, J., & Licciardo-musso, L. (2005). Lesson Study : Teacher-Led Professional Development. Language Arts, 82(5). Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ726196
Indriyani, C. (2011). Improving The Quality of Learning Cooperative Learning Model IPS with Mechanical Two Stay-Two Stray Students in Class IV District 05 Elementary Tambakaji, Ngaliyan, City Of Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1(3), 180–193. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=136852&val=5679&title=PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY-TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SD TAMBAKAJI 05 KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
Isjoni. (2016). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Johnson, D., & Johnson, R. (1999). Making Cooperative Learning Work. Theory into Practive, 38(2), 67–73. https://doi.org/10.1080/00405849909543834
Johnson, R. T. (1994). David Johnson: A Leading Teacher of Cooperative Learning. Teaching Education, 6(2), 123–125. https://doi.org/10.1080/1047621940060215
Karlina, C. F. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Peta Pikiran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Lesson Study. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10883/6960
Lewis, C. C., Perry, R. R., & Hurd, J. (2009). Improving mathematics instruction through lesson study: A theoretical model and North American case. Journal of Mathematics Teacher Education, 12(4), 285–304. https://doi.org/10.1007/s10857-009-9102-7
Lie, A. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.
Mansur. (2015). Menciptakan Pembelajarn Efektif melalui Apersepsi. Retrieved from http://lpmpsulsel.kemdikbud.go.id/tulisan-327-pembelajaran-efektif-apersepsi.html
Maonde, F., Bey, A., Salam, M., Suhar, Lambertus, Anggo, M., … Tiya, K. (2015). The Discrepancy of Students’ Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science. International Journal of Education and Research, 3(1), 141–158. Retrieved from http://ijern.com/journal/2015/January-2015/13.pdf
Mayasari, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa, 102–111. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5998/102_111 DIAN MAYASARI.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 international results in mathemaitcs. Retrieved from http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/advanced/
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pangaribuan, R. (2013). Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Aktivitas Belajar Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). Retrieved from jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE/article/download/2827/1919
Phelps, R. P. (2012). The Effect of Testing on Student Achievement, 1910-2010. International Journal of Testing, 12(1), 21–43. https://doi.org/10.1080/15305058.2011.602920
PISA. (2010). PISA 2009 Results: Executive Summary. Executive Summary, 1–21. https://doi.org/10.1787/888932343342
PISA. (2016). PISA 2015 Results in Focus. Oecd, 16. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en
Pratiwi, N. K. C. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/7526/5148
Romas, M. Z. (2006). Pengaruh Pujian terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi-ISSN: 1858-3970, 2, 1–9. Retrieved from http://jurnal.psikologiup45.com/wp-content/uploads/2016/01/PENGARUH-PUJIAN-TERHADAP-PRESTASI-BELAJAR.pdf
Rosmaiyadi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7E Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Aksioma, 6(1), 12–19. https://doi.org/10.24127/AJPM.V6I1.722
Rustono, W. S. (2008). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menerapkan Strategi Pembelajaran melalui Lesson Study di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, (10). Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_10-Oktober_2008/Meningkatkan_Kemampuan_Mahasiswa_Menerapkan_Strategi_Pembelajaran_Melalui_Lesson_Study_Di_Sekolah_Dasar.pdf
Santia, I. (2016). Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Critical Lesson Study. Jurnal Pedaogia, ISSN 2089-3833, 5(2), 157–168. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.247
Sari, S. D. W. (2013). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dengan Media Grafis pada Matematika SD. Jurnal Pedagogi, 1(4). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1719/1056
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudarmadi, Y. (2012). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Two Stay Two Stray Dan Learning Together Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Tesis. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/503/366
Sudirtha, I. G. (2017). Membangun Learning Community dan Peningkatkan Kompetensi Melalui Lesson Study, 6(1), 28–38. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8683/6322
Sudradjat. (2008). Peranan Matematika Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Unpad. Retrieved from http://pustaka.unpad.ac.id/archives/55467
Sulisworo, D., & Suryani, F. (2014). The Effect of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement. International Journal of Learning and Development, 4(2), 58. https://doi.org/10.5296/ijld.v4i2.4908
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Takahashi, A., & McDougal, T. (2016). Collaborative lesson research: maximizing the impact of lesson study. ZDM - Mathematics Education, 48(4), 513–526. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0752-x
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Ulfa, F. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3725/1/FITRIAH ULFAH-FITK.pdf
Wardana, M. Y. S., & Arumatika, N. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Kelas V Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 79–91. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.6140
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)