PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS AKTIVITAS HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V SD

Authors

  • Ni Nyoman Ely Triyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Kusmariyatni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17960

Keywords:

aktivitas higher order thinking, inkuiri terbimbing, perangkat pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas higher order
thinking (HOT) pada Tema 8 Subtema 1 kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation), namun penelitian ini hanya sampai
pada tahap development. Subjek penelitian terdiri dari dua orang guru dan dua orang dosen sebagai ahli pembelajaran. Objek
penelitian ini adalah perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas higher order thinking (HOT) yang terdiri
dari silabus, RPP, dan LKPD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Instrumen pengumpulan data
menggunakan rating scale berupa lembar penilaian perangkat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan
statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) skor rata-rata
validitas silabus sebesar 4,69 dengan kualifikasi sangat baik, (2) skor rata-rata validitas RPP sebesar 4,77 dengan kualifikasi
sangat baik, (3) skor rata-rata validitas LKPD sebesar 4,84 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat
disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas higher order thinking (HOT) pada Tema 8
Subtema 1 kelas V SD memiliki kualifikasi yang sangat baik.

References

Barokati, N. dan F. Anas. 2013. “Pengembangan Pembelajaran berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah

Pemrograman Komputer (Studi Kasus: Unisda Lamongan)”. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 4, No.

(hlm. 355).

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hidayatulloh, M. dan Madlazim. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi

Kurikulum 2013 dengan Melatihkan Ke- terampilan Proses Sains pada Materi Pengukuran”.

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), Vol. 4, No. 2 (hlm. 93-94).

Jamaluddin, dkk. 2018. “Pelatihan Penyusunan Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi bagi Pendidik

Mata Pelajaran IPA SMP di Kota Mataram”. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan

IPA, Vol. 1, No. 1 (hlm. 80).

Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kemendikbud. 2016. Salinan Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan

Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Machin, A. 2014. “Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran

Materi Pertumbuh- an”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, No.1 (hlm. 28).

Nasution, S. W. R. 2018. “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Meningkat- kan

Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika”. Jurnal Education and Development, Vol. 3,

No. 1 (hlm. 2).

Ningrat, S. P. & M. Sumantri. 2019. “Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar

Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD”. Journal of Education Technology, Vol. 2, No. 4 (hlm. 146).

Pariatna, I W. J., dkk. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Topik Laju

Reaksi”. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, Vol. 9, No. 1 (hlm. 9-11).

Rofiah, E., dkk. 2013. “Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa

SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 2 (hlm. 18).

Rudyanto, H. E. 2016. “Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif”. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar

dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1 (hlm. 43).

Sari, B. K. 2017. “Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw”. Makalah

disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema Desain Pembelajaran Di Era

Asean Economic Community (AEC) untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan, Fakultas Keguruan dan

Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutrisno, D. & H. Retnawati. 2018. “Korelasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar

Siswa MAN 3 Yogyakarta”. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 1 (hlm.

.

Tegeh, I M. dan I N. Jampel. 2017. MetodePenelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan

Ganesha.

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Triyuni, N. N. E., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS AKTIVITAS HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V SD. Journal of Education Technology, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17960

Issue

Section

Articles