PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS AKTIVITAS HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17960Keywords:
aktivitas higher order thinking, inkuiri terbimbing, perangkat pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas higher orderthinking (HOT) pada Tema 8 Subtema 1 kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation), namun penelitian ini hanya sampai
pada tahap development. Subjek penelitian terdiri dari dua orang guru dan dua orang dosen sebagai ahli pembelajaran. Objek
penelitian ini adalah perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas higher order thinking (HOT) yang terdiri
dari silabus, RPP, dan LKPD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Instrumen pengumpulan data
menggunakan rating scale berupa lembar penilaian perangkat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan
statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) skor rata-rata
validitas silabus sebesar 4,69 dengan kualifikasi sangat baik, (2) skor rata-rata validitas RPP sebesar 4,77 dengan kualifikasi
sangat baik, (3) skor rata-rata validitas LKPD sebesar 4,84 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat
disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas higher order thinking (HOT) pada Tema 8
Subtema 1 kelas V SD memiliki kualifikasi yang sangat baik.
References
Barokati, N. dan F. Anas. 2013. “Pengembangan Pembelajaran berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah
Pemrograman Komputer (Studi Kasus: Unisda Lamongan)”. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 4, No.
(hlm. 355).
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hidayatulloh, M. dan Madlazim. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi
Kurikulum 2013 dengan Melatihkan Ke- terampilan Proses Sains pada Materi Pengukuran”.
Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), Vol. 4, No. 2 (hlm. 93-94).
Jamaluddin, dkk. 2018. “Pelatihan Penyusunan Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi bagi Pendidik
Mata Pelajaran IPA SMP di Kota Mataram”. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan
IPA, Vol. 1, No. 1 (hlm. 80).
Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Kemendikbud. 2016. Salinan Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan
Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Machin, A. 2014. “Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran
Materi Pertumbuh- an”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, No.1 (hlm. 28).
Nasution, S. W. R. 2018. “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Meningkat- kan
Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika”. Jurnal Education and Development, Vol. 3,
No. 1 (hlm. 2).
Ningrat, S. P. & M. Sumantri. 2019. “Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar
Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD”. Journal of Education Technology, Vol. 2, No. 4 (hlm. 146).
Pariatna, I W. J., dkk. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Topik Laju
Reaksi”. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, Vol. 9, No. 1 (hlm. 9-11).
Rofiah, E., dkk. 2013. “Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa
SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 2 (hlm. 18).
Rudyanto, H. E. 2016. “Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif”. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar
dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1 (hlm. 43).
Sari, B. K. 2017. “Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw”. Makalah
disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema Desain Pembelajaran Di Era
Asean Economic Community (AEC) untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sutrisno, D. & H. Retnawati. 2018. “Korelasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar
Siswa MAN 3 Yogyakarta”. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 1 (hlm.
.
Tegeh, I M. dan I N. Jampel. 2017. MetodePenelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan
Ganesha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)