PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA

Authors

  • Km. Tria Marselina Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • MG. Rini Kristiantari Program Studii Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21708

Keywords:

Pendekatan pembelajaran matematika realistik, portofolio, matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis portofolio dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus Moch.Hatta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian non-equivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Moch.Hatta Tahun Ajaran 2017/2018 yang banyaknya 332 orang. Sampel ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD N 4 Panjer sebagai kelompok eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas V SD N 1 Panjer sebagai kelompok kontrol dengan berjumlah 30 orang. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes esay berjumlah 8 soal yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis portofolio dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V Sd Gugus Moch.Hatta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung= 7,44 ˃ ttabel = 2,000 dengan dk 63 pada taraf signifikansi 5%. Demikian pula nilai rerata kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok eksperimen  =84,20 ˃  =66,77 rerata kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis portofolio berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Moch.Hatta Tahun Ajaran 2017/2018.

References

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Astuti, Ida Ayu, dkk. 2013. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik”. E-Jurnal Program Pascasarjana Universi-tas Pendidikan Ganesha Juru-san Pendidikan Dasar, Volume 3 tahun 2013.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) 2006 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelaja-ran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.

Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matemati-ka Realistik. Jakarta : PT Raja-Grafindo Persada.

Koyan, I Wayan.2012. “Statistika Terapan (Teknik Analisis Data Kuantita-tif)”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lestari, Karunia Eka. 2015. “Penelitian Pendidikan Matematika”. Bandung: PT Refika Aditama.

Muhlisin, dkk.2013. “Pengaruh Pendeka-tan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Belajar Siswa”. E-Journal Pascasarjana Unversi-tas pendidikan Ganesha Pro-gram Studi Pendidikan Dasar, Volume 3.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Ke-budayaan Republik Indonesia no. 81A.2013 tentang Imple-mentasi Kurikulum.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebu-dayaan Republik Indonesia no.103.2014 tentang Pem-belajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Mene-ngah.

Wahidin, Sugiman (2014). “Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi, Kemam-puan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar”.Jurnal Pen-didikan Matematika Volume 9 – Nomor 1, Juni 2014, (99-109).

Wijaya, Ariyadi. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wirama,Md, dkk. 2014. “Penaruh Pendekatan Matematika Rea-listik Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD N Desa Penglatan Kecamatan Bulel-eng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Gane-sha., Volume 2, Nomor 1.

Setyosari, H.Punaji. 2015. Metode Penelitian dan Pengembang-an.Rawamangun : Kencana.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuan-titatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanto,Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana.

Yus, Anita 2006. “Penilaian Portofolio untuk Sekolah Dasar”. Departe-men Pendidikan nasional.

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Rawamangun: Ken-cana.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Marselina, K. T., & Kristiantari, M. R. (2019). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA. Journal of Education Technology, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21708

Issue

Section

Articles