PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21708Keywords:
Pendekatan pembelajaran matematika realistik, portofolio, matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis portofolio dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus Moch.Hatta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian non-equivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Moch.Hatta Tahun Ajaran 2017/2018 yang banyaknya 332 orang. Sampel ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD N 4 Panjer sebagai kelompok eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas V SD N 1 Panjer sebagai kelompok kontrol dengan berjumlah 30 orang. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes esay berjumlah 8 soal yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis portofolio dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V Sd Gugus Moch.Hatta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung= 7,44 ˃ ttabel = 2,000 dengan dk 63 pada taraf signifikansi 5%. Demikian pula nilai rerata kompetensi pengetahuan matematika siswa kelompok eksperimen =84,20 ˃ =66,77 rerata kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis portofolio berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus Moch.Hatta Tahun Ajaran 2017/2018.References
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Astuti, Ida Ayu, dkk. 2013. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik”. E-Jurnal Program Pascasarjana Universi-tas Pendidikan Ganesha Juru-san Pendidikan Dasar, Volume 3 tahun 2013.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) 2006 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelaja-ran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.
Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matemati-ka Realistik. Jakarta : PT Raja-Grafindo Persada.
Koyan, I Wayan.2012. “Statistika Terapan (Teknik Analisis Data Kuantita-tif)”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Lestari, Karunia Eka. 2015. “Penelitian Pendidikan Matematika”. Bandung: PT Refika Aditama.
Muhlisin, dkk.2013. “Pengaruh Pendeka-tan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Belajar Siswa”. E-Journal Pascasarjana Unversi-tas pendidikan Ganesha Pro-gram Studi Pendidikan Dasar, Volume 3.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Ke-budayaan Republik Indonesia no. 81A.2013 tentang Imple-mentasi Kurikulum.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebu-dayaan Republik Indonesia no.103.2014 tentang Pem-belajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Mene-ngah.
Wahidin, Sugiman (2014). “Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi, Kemam-puan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar”.Jurnal Pen-didikan Matematika Volume 9 – Nomor 1, Juni 2014, (99-109).
Wijaya, Ariyadi. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Wirama,Md, dkk. 2014. “Penaruh Pendekatan Matematika Rea-listik Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD N Desa Penglatan Kecamatan Bulel-eng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Gane-sha., Volume 2, Nomor 1.
Setyosari, H.Punaji. 2015. Metode Penelitian dan Pengembang-an.Rawamangun : Kencana.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuan-titatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanto,Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana.
Yus, Anita 2006. “Penilaian Portofolio untuk Sekolah Dasar”. Departe-men Pendidikan nasional.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Rawamangun: Ken-cana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)