PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21709Keywords:
course review horay, ilmu pengetahuan sosial, model pembelajaran, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran course review horay dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran langsung pada siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Rendang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Rendang yang berjumlah 159 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Pempatan sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa kelas V SD Negeri 4 Pempatan sebagai kelas kontrol berjumlah 28 orang, pemilihan sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik group random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran course review horay dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran course review horay berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Rendang tahun ajaran 2017/2018.References
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Adiya Media Publishing.
Antara, Putu Aditya & I Gusti Komang Aryaprastya Agus. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Bermain Peran. Jurusan Pendagogik – FIP – UPI dan Asosiasi Pendidikan Profesi Guru SD, Nomor 2, (hlm. 245-256).
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Huda, Maiftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Cetakan Ke-5. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih. Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Cetakan Ke-3. Surabaya: Kata Pena.
Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Pradika, I. P. H, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Budi Utomo Dentim Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD, Vol: 5 No: 3, (hlm. 1-7).
Rikawati, Wayan, dkk. 2017. Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Mengontrol Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V di Gugus II Kecamatan Kerambitan. Mimbar PGSD, Vol: 5 No: 2, (hlm. 1-10).
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rusmawan. 2013. Faktor yang Memengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, No: 2, (hlm. 285-295).
Suranata, Kadek & Ketut Susiani. (2017). Implementasi Metode Sokratik Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa, Volume 1, No. 1, (hlm. 27-40).
Suryani, Asih, Maulana & Julia. 2016. Pengaruh Pendekatan Course Review Horay (CRH) Terhadap Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pena Ilmiah, Vol: 1 No: 1, (hlm. 1-10).
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)