PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21738Abstract
Permasalahan yang dihadapi di SMP Negeri 2 Gerokgak adalah terbatasnya media yang mampu memvisualisasikan materi pelajaran.sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA, (2) untuk mengetahui kualitas multimedia pembelajaran menurut review ahli, dan uji coba yang dilakukan siswa, serta (3) untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran mata pelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan adalah model Luther. Validasi multimedia dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Efektivitas multimedia dilakukan oleh 29 siswa menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner dan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun pengembangan multimedia interaktif mulai dari langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; (2) Validitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa yaitu: a) ahli isi pembelajaran 92,5% berada pada kategori sangat baik; b) ahli desain pembelajaran 92,22% berada pada kategori sangat baik; c) ahli media pembelajaran 84,7% berada pada kategori baik; d) uji coba perorangan90% berada pada kategori sangat baik; e) uji coba kelompok kecil 89% berada pada kategori sangat baik; f) dan uji coba lapangan 87,7% yang berada pada kategori baik; (3) berdasarkan uji hipotesis ditunjukkan bahwa harga thitung = 14,10> ttabel =2,003. Dengan demikian multimedia pembelajaran ini efektif untukmeningkatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 2 Gerokgak.
Kata Kunci: IPA, multimedia pembelajaran, pengembangan
References
Agung, A.A.Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising..
Arsyad, A. 2005.Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A, 2011.Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta
Koyan, I W. 2011.Asesmen dalam Pendidikan..Singaraja: Undiksha Press.
Koyan, I Wayan.2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif.Singaraja: Undiksha Press.
Latief, M A. 2009.Pengembangan Penelitian. Pendidikan bahasa inggris Fakultas sastra,Universitas negeri malang:2009
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santyasa, Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul.Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK: Tanggal 12-14 Januari 2009 Di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.
Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suartama, I Kadek.dan I Komang. Sudarma. 2007. Laporan Penelitian Pengembangan Compac Disc Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.
Sudarma, I Komang.dan Arya Oka. 2008. Teknik Produksi & Pengembangan Multimedia pembelajaran. Singaraja: Undiksha.
Sudatha, I.G.W.dan I Made Tegeh.2009. Desain Multimedia Pembelajaran.Singaraja: UniversitasPendidikanGanesha.
Sukardi.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Tegeh, I Made & I Made Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengebangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)