PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH MULTIMEDIA I (DESIGN GRAFIS) DI POLITEKNIK GANESHA GURU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810Keywords:
Multimedia Interaktif, Video tutorial, Dick and CareyAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan blueprint multimedia interaktif berbasis video tutorial pada mata kuliah Multimedia I (design grafis). (2) Mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif berbasis video tutorial pada mata kuliah Multimedia I (design grafis). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan mahasiswa semester I Politeknik Ganesha Guru pada Program studi Manajemen Informatika. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari aspek kelayakan isi yang dilakukan oleh ahli isi menunjukan bahwa produk sudah sesuai dengan SAP mata kuliah Multimedia I (design grafis). Pengujian pada aspek tampilan, grafis, pengoperasian program dan tata bahasa yang dilakukan oleh ahli media memperoleh hasil kalkulasi sebesar 83% berada pada kualifikasi baik. Pengujian pada aspek pembelajaran, kurikulum dan desain interface yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran memperoleh hasil kalkulasi sebesar 86% berada pada kualifikasi baik. User/dosen pengajar memberikan respon baik. Uji coba perseorangan yang dilakukan mendapat respon baik. Uji coba kelompok kecil memperoleh hasil kalkulasi sebesar 90% berada pada kualifikasi sangat baik. Uji coba lapangan yang dilakukan memperoleh hasil kalkulasi sebesar 90% berada pada kualifikasi sangat baik.
References
Aloraini, S. I. (2005). Distance learning. Alretha Press: Kingdom of Saudi Arabia
Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2).
Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Saliman, Sudharsono. 1993. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Vaughan, T. (2011). Multimedia: Making it Work (8nd ed.). USA: McGraw-Hill
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)