IMPLEMENTASI POST TO POST PHYSICS ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Penulis

  • I Kadek Darsika Aryanta SMA Negeri Bali Mandara, Jl. Air Sanih, Kubutambahan Buleleng,Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16544

Kata Kunci:

Post to Post Physics Adventure, Kemampuan berpikir tingkat tinggi

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa, dan mendeskripsikan
tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran post to post physics adventure (P3A). Metode Penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Bali Mandara tahun
pelajaran 2016/2017 semester I yang berjumlah 23 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek
penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi dan tanggapan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus
pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi.
Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimaksud adalah skor siswa yang diperoleh dalam mengerjakan tes kemampuan
berpikir tingkat tinggi yang berjumlah 10 soal essay. Data tanggapan siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner.
Penelitian ini dikatakan berhasil jika rata-rata nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa 75, dengan ketuntasan klasikal
85%, dan tanggapan siswa minimal berkategori positif. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara
deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 1) nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada siklus I sebesar 72,60
dengan ketuntasan klasikal 72% dan pada siklus II sebesar 78,40 dengan ketuntasan klasikal 88% ;2) tanggapan siswa
terhadap penerapan P3A dalam pembelajaran fisika adalah dengan skor rata-rata sebesar 84,64 dan berada pada kategori
positif.

Referensi

Asrodin. (2008). Penggunaan Musik Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournaments (TGT)

dalam upaya meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar matematika siswa kelas v sd muhammadiyah

blawong ii bantul. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Haya, F. D., Waskito, D. S., Pd, M., Fauzi, A., Fisika, P., Keguruan, F., & Pendidikan, D. I. (2014). Pengembangan

Media Pembelajaran Gasik (Game Fisika Asik) Untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal

Pendidikan Fisika, 2(11).

Hotimah, H., & Motlan. (2012). Efek Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament

(TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Listrik Statis Di Sekolah

Menengah Menengah Pertama. Jurnal Online Pendidikan Fisika ISSN 2301-7651, 1(2), 73–82.

Rochmawati, W., & Sunarno, W. (2013). Tournament Melalui Teka Teki Silang Dankartu Ditinjau Dari

Kemampuan Verbal Dan. Jurnal Inkuiri, 2(1), 66. Retrieved from

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains%0apembelajaran

Trimaryana, O. F., & Retinofa, R. R. (2016). The Application of Traditional Game Rorodaan as Learning Tool in

Physics Subject: Force and Movement to Improve Learning Results. Journal of Physics: Conference Series,

(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/739/1/012093

Diterbitkan

2019-08-21

Cara Mengutip

Aryanta, I. K. D. (2019). IMPLEMENTASI POST TO POST PHYSICS ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. Journal of Education Technology, 2(4), 160–168. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16544

Terbitan

Bagian

Articles