IMPLEMENTASI POST TO POST PHYSICS ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16544Kata Kunci:
Post to Post Physics Adventure, Kemampuan berpikir tingkat tinggiAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa, dan mendeskripsikantanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran post to post physics adventure (P3A). Metode Penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Bali Mandara tahun
pelajaran 2016/2017 semester I yang berjumlah 23 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek
penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi dan tanggapan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus
pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi.
Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimaksud adalah skor siswa yang diperoleh dalam mengerjakan tes kemampuan
berpikir tingkat tinggi yang berjumlah 10 soal essay. Data tanggapan siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner.
Penelitian ini dikatakan berhasil jika rata-rata nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa 75, dengan ketuntasan klasikal
85%, dan tanggapan siswa minimal berkategori positif. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara
deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 1) nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada siklus I sebesar 72,60
dengan ketuntasan klasikal 72% dan pada siklus II sebesar 78,40 dengan ketuntasan klasikal 88% ;2) tanggapan siswa
terhadap penerapan P3A dalam pembelajaran fisika adalah dengan skor rata-rata sebesar 84,64 dan berada pada kategori
positif.
Referensi
Asrodin. (2008). Penggunaan Musik Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournaments (TGT)
dalam upaya meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar matematika siswa kelas v sd muhammadiyah
blawong ii bantul. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Haya, F. D., Waskito, D. S., Pd, M., Fauzi, A., Fisika, P., Keguruan, F., & Pendidikan, D. I. (2014). Pengembangan
Media Pembelajaran Gasik (Game Fisika Asik) Untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal
Pendidikan Fisika, 2(11).
Hotimah, H., & Motlan. (2012). Efek Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament
(TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Fisika Pada Konsep Listrik Statis Di Sekolah
Menengah Menengah Pertama. Jurnal Online Pendidikan Fisika ISSN 2301-7651, 1(2), 73–82.
Rochmawati, W., & Sunarno, W. (2013). Tournament Melalui Teka Teki Silang Dankartu Ditinjau Dari
Kemampuan Verbal Dan. Jurnal Inkuiri, 2(1), 66. Retrieved from
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains%0apembelajaran
Trimaryana, O. F., & Retinofa, R. R. (2016). The Application of Traditional Game Rorodaan as Learning Tool in
Physics Subject: Force and Movement to Improve Learning Results. Journal of Physics: Conference Series,
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)